Tea Tree Oil dan Manfaatnya Untuk Tubuh

oleh -626 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Akhir-akhir ini, dunia kecantikan dan perawatan wajah sudah semakin berkembang. Para produsen produk kecantikan berlomba-lomba menghasilkan formula yang paling baik untuk produk mereka. Dan salah satu kandungan yang sering kali ditemukan pada produk kecantikan ialah tea tree oil(Nindi) 

Sumber: totalgymdirect.com

Saat ini para konsumen akan lebih memilih produk yang terbuat dan mengandung bahan-bahan alami. Karena bahan alami akan cenderung lebih aman dipakai.

Tak heran para perusahaan produk kecantikan akan berlomba-lomba membuat produk yang terbuat dari bahan alami. Salah satu bahan alami yang menjadi primadona adalah tea tree oil.

Lalu sebenarnya apa itu tea tree oil? Tea tree oil atau minyak pohon teh berasal dari tanaman yang memiliki nama latin Australia melaleuca alternifolia. Minyak pohon teh berasal dari pohon kecil asli Queensland dan New South Wales, Australia.

Dan yang perlu diperhatikan adalah minyak ini berasal dari jenis pohon yang berbeda dengan teh yang diperuntukan untuk konsumsi. Jenis tanaman ini bukanlah untuk kebutuhan konsumsi.

Berikut ini merupakan manfaat minyak pohon teh untuk kecantikan.

Mengobati Jerawat

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa minyak pohon teh dapat mengatasi jerawat dengan efektif. Hal ini dikarenakan bahwa kandungan yang terdapat pada minyak pohon teh sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida. Zat tersebut adalah zat yang sering ditemukan pada produk obat jerawat. Namun penggunaan minyak pohon teh ini tidak akan menyebabkan kemerahan pada kulit, kulit kering, atau mengelupas.

Minyak pohon teh terkenal mengandung sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Minyak ini dapat menenangkan kemerahan, pembengkakan, dan peradangan akibat jerawat.

Baca Juga: Jojoba Oil, Apa saja Manfaatnya?

Mengatasi Masalah Bau Badan

Bau badan yang kurang sedap sudah barang tentu akan mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang. Minyak ini mengandung anti-mikroba yang akan menghilangkan bakteri penyebab bau badan pada tubuh.

Dan cara penggunaannya pun sangat mudah. Campurkan tea tree oil dengan minyak kelapa dan juga baking soda hingga merata. Lalu oleskan pada bagian tubuh yang dianggap mengeluarkan bau tidak sedap seperti ketiak dan kaki. Pakailah sebelum tidur lalu bilas di pagi harinya. Jangan lupa untuk menggunakannya secara rutin.

Mengatasi Ketombe dan Merawat Rambut

Minyak pohon teh dapat menenangkan kulit mati yang mengelupas pada rambut. Lalu minyak ini juga efektif untuk mengusir ketombe. Selain itu minyak ini juga akan merawat rambut agar terhindar dari kutu.

Gunakan campuran kira-kira 10 tetes cairan minyak pohon teh, gel lidah buaya, 3 sendok teh santan, dan minyak lavender untuk menambah aroma sebagai sampo. Gunakan untuk keramas setidaknya dua hari sekali maka akan terlihat hasilnya setelah satu  bulan pemakaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *