,

Teratai, Filosofi Hidup Hingga Manfaat Kesehatan

oleh -637 views

Sumber: Bibit Bunga.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Teratai, siapa yang tidak mengenal tanaman cantik yang satu ini. Tanaman yang terkenal akan keindahan bunganya yang memiliki beraneka ragam warna. Tanaman ini juga memiliki daun lebar yang khas. Selain itu tanaman ini juga memiliki lingkungan hidup yang unik. Tidak seperti tanaman bunga lainnya yang tumbuh di daratan, tanaman ini hidup di air. (Nindi)

Para filsuf juga membuat tanaman ini menjadi sebuah filosofi hidup yang sangat menginspirasi. Tidak hanya itu saja, tanaman ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. yuk, cek di bawah ini.

Filosofi Bunga Teratai

“Sekalipun berada di lingkungan kotor, teratai tetap bersih dan menunjukkan keindahannya.”

Teratai hidup di air yang berlumpur dan terkadang berbau tak sedap. Dan faktanya hal itulah yang ia butuhkan untuk tumbuh. Hal ini menggambarkan tentang sejatinya manusia memang membutuhkan satu sama lain. Bahkan manusia masih membutuhkan orang lain yang dianggapnya kurang baik. Namun, ini tidak berarti dirinya harus terbawa dan mengikuti sesuatu yang buruk. Dan ini juga dapat menggambarkan bahwa seseorang dapat tetap menjadi baik walaupun hidup dilingkungan yang buruk.

“Teratai hanya hidup untuk waktu yang singkat.”

Bunga dari tanaman air ini hanya memiliki waktu yang singkat saat mekar. Ada yang hanya mekar untuk waktu semalam, ada pula yang mekar untuk beberapa hari sebelum berguguran. Ini adalah gambaran bahwa manusia akan pergi meninggalkan dunia suatu saat nanti. Seindah, secantik atau sesukses apapun manusia suatu hari nanti akan meninggal.

Baca Juga: Inilah Manfaat Yang Tersembunyi Dari Kuaci

Manfaat

Tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional dan bumbu masakan. Khususnya untuk daerah Asia Tenggara dan Asia Timur. Berikut ini merupakan deretan manfaat teratai.

  • Masalah Haid

Sejak dulu tanaman cantik ini telah dipercaya dapat meringankan masalah haid. Walaupun hal ini belum terbukti secara ilmiah. Tanaman tersebut dapat memperlancar haid dan dapat menghentikan darah yang berlebihan.

  • Obesitas

Pada sebuah penelitian pada seekor tikus yang mengalami obesitas daun teratai terbukti dapat mencegah kenaikan berat badan pada si tikus. Hal ini membuktikan bahwa teratai mengandung zat antiobesitas di dalamnya.

  • Diare

Dalam metode pengobatan tradisional Tiongkok biji teratai digunakan untuk mengatasi diare. Bijinya hanya perlu direndam dalam air hangat selama beberapa jam, lalu tambahkan gula batu untuk meringankan rasa pahitnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *