USS Abraham Lincoln, Kapal Induk yang Membantu Indonesia Saat Tsunami Aceh

oleh -381 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada 26 Desember 2004, terjadi gempa bumi berskala 9,3 richter yang berpusat di lepas pantai Sumatera Utara. Bencana yang menyebabkan tsunami tersebut memakan 160.000 korban jiwa di Indonesia sendiri. Banyak negara yang merespon pada bencana tersebut dengan mengirim bantuan kemanusiaan. Seperti Amerika Serikat yang mengirim USS Abraham Lincoln untuk membantu Indonesia. (Zhorif)

USS Abraham Lincoln adalah kapal induk Nimitz-class milik angkatan laut Amerika Serikat. Kapal induk ini dinamai setelah Abraham Lincoln, presiden ke-16 Amerika Serikat. Saat ini, kapal induk yang diluncurkan pada tanggal 13 Februari 1988 ini menjadi flagship dari Carrier Strike Group 12 dan Carrier Air Wing 7 di perairan timur tengah.

Baca juga: USS Enterprise, Kapal Perang Dengan Penghargaan Terbanyak Di Perang Dunia 2

USS Abraham Lincoln memiliki berat 105,783 ton, panjang 332,8 meter, dan lebar 76,8 meter. Kapal induk dengan moto “Shall Not Perish” ini dapat menempuh kecepatan 30 knot atau 56 km/jam. Ditenagai oleh A4W reactors bertenaga nuklir, kapal induk berkapasitas 90 pesawat tempur ini dapat menempuh jarak yang tidak terbatas selama lebih dari 20 tahun tanpa perlu kembali ke pelabuhan.

Sebelum bencana tsunami Aceh, USS Abraham Lincoln telah berpartisipasi dalam proses evakuasi saat Gunung Pinatubo meletus di Filipina. Dinamai operasi Fiery Vigil, kapal induk yang dijuluki “Black Pearl” ini memimpin armada 23 kapal yang mengevakuasi lebih dari 45.000 warga Filipina dari Subic Bay Naval Station ke kota Cebu, Filipina.

Baca juga: USS Iowa, Sang Behemoth Dari Amerika Serikat

Kapal induk ini sedang berada di Hong Kong ketika tsunami Aceh terjadi. Kapal induk ini langsung dikerahkan ke perairan Aceh untuk membantu. Dinamakan operasi Unified Assistance, Carrier Strike Group 9 yang saat itu dipimpin oleh USS Abraham Lincoln mengoordinasikan aliran persediaan dan bantuan. Dalam operasi tersebut, angkatan laut Amerika Serikat telah mengirim 2.689.000 kilogram bantuan kemanusiaan, termasuk makanan dan keperluan medis.

One thought on “USS Abraham Lincoln, Kapal Induk yang Membantu Indonesia Saat Tsunami Aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *