2 Puasa Sunah Menjalang Idul Adha yang Sayang Kalau Dilewatkan

oleh -118 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hari Idul Adha merupakan moment paling dinantikan oleh seluruh umat islam. Tak terasa dalam waktu dekat Idul Adha akan segera dimulai. Seperti yang sudah ditetapkan oleh Muhammadiyah, Idul Adha 1441 akan segera dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2020. Tetapi sobat tahu tidak? ada ibadah sunah yang memiliki pahala besar jika dilakukan sebelum perayaan Idul Adha. Mau tau apa saja itu? berikut ringkasannya. (seno)

1. Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah merupakan salah satu ibadah utama di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, yakni di tanggal 1 sampai 10. Puasa Tarwiyah biasanya dilakukan sehari setelah puasa Dzulhijjah, yakni 8 Dzulhijjah. Berdasarkan hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda, barang siapa yang menjalankan puasa Tarwiyah maka akan dihapus dosa satu tahun silam yang telah terlewati.

Niat Puasa Tarwiyah

Nawaitu shauma tarwiyah sunnatan lillahi ta’ala

“Saya niat puasa Tarwiyah, sunah karena Allah ta’ala.”

2. Puasa Arafah

Selain puasa sunah Tarwiyah adapun puasa yang dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah.  Puasa Arafah merupakan puasa sunah yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni pada saat diberlangsungkannya wukuf di tanah Arafah. Keutamaan puasa Arafah sendiri yakni, dihapuskan segala dosa selama satu tahun yang lalu, dan setahun yang akan datang dijaga Allah untuk tidak berbuat dosa atau maksiat.

Bukan hanya itu, umat islam yang menjalani berpuasa Arafah, mereka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda pada hari tersebut.

Niat Puasa Arafah

Nawaitu shauma arafah sunnatan lillahi ta’ala

“Saya niat puasa Arafah, sunah karena Allah ta’ala.”

Bagaimana banyak sekalikan manfaat yang diberikan puasa Tarwiyah dan Arafah, begitu besar pahala dan penghapusan dosa jika melakasanakan kedua puasa sunah tersebut.

Lihat juga: Sering Insecure? Mungkin Cara Ini Bisa Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *