5 Manfaat Setelah Menunaikan Puasa Syawal

oleh -247 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Puasa Syawal atau  puasa sunnah yang dapat ditunaikan selama enam hari di bulan Syawal setelah Hari Raya Idul Fitri.

Orang yang berpuasa selama enam hari di bulan Syawal setara dengan berpuasa selama setahun penuh.

Selain para ahli agama yang mengakui manfaatnya, manfaat puasa Syawal untuk kesehatan nyatanya juga melimpah. Apa sajakah itu?

1. Menyehatkan otak

Ini Alasan Olahraga Menyehatkan Otak - HoLiDay

Sebuah hasil studi yang dilakukan pada hewan uji mengungkapkan bahwa berpuasa dapat meningkatkan kemampuan belajar serta daya ingat. Selain itu, manfaat puasa juga dapat mengurangi risiko munculnya penyakit Alzheimer, Parkinson, dan stroke.

Lihat juga: Pemicu Jerawat Tetap Tumbuh Saat WFH

2. Menurunkan berat badan

Mengawal berat badan selepas bersalin - BabyCenter

Tak sedikit orang yang menjalankan puasa karena ingin menurunkan berat badan. Pada dasarnya, berpuasa memang dapat membuat Anda jadi makan lebih sedikit.

Saat berpuasa, kadar insulin di tubuh akan menurun, tetapi kadar hormon pertumbuhan dan norepinefrin akan meningkat. Hal ini yang dapat memicu tubuh untuk memecah lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi.

Berpuasa juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan membakar lebih banyak kalori. Namun, bila saat waktu berbuka puasa, Anda justru mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi gula, maka keinginan menurunkan berat badan bisa jadi hanya sekadar angan-angan.

3. Meningkatkan sistem Imunitas

9 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Agar Terhindari dari Virus ...

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Southern Califormia yang tertarik mempelajari kaitan antara puasa dan daya tahan tubuh seseorang.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa rasa lapar selama puasa dapat memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru yang melawan infeksi. Mereka menyebut puasa sebagai “pembalik sakelar regeneratif” yang mendorong sel induk menciptakan sel darah putih baru.

Penciptaan sel darah putih baru inilah yang membuat regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh terjadi sehingga mampu melindungi tubuh sekaligus menyingkirkan bagian-bagian dari sistem tubuh yang mungkin rusak, tua, atau tidak efisien selama berpuasa.

Lihat juga: Inilah Manfaat Yang Terkandung Didalam Buah Kelengkeng

4. Terhindar dari kanker

Harapan Baru, Peneliti Temukan Obat Baru untuk Kanker – faktapers.id

Rutin berpuasa, termasuk menjalani puasa Syawal, diyakini dapat mengendalikan kadar insulin dan meredakan peradangan atau inflamasi dalam tubuh. Keduanya merupakan faktor biologis yang telah lama dikaitkan dengan terbentuknya sel kanker.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Camp for free checking of heart

Manfaat puasa Syawal selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Ya, para peneliti mengungkapkan bahwa berpuasa dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan kadar trigliserida.

Source: Sehatq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *