5 Tips Beli Laptop Bekas Supaya Kamu Nggak Nyesel!

oleh -295 views
Laptop Bekas
Laptop bekas dapat dengan mudah kamu temukan di marketplace. Sumber: Google Image

ZETIZEN RADAR CIREBON- Aktivitas Work From Home (WFH) di tengah pandemi Covid-19 membuat kebutuhan akan barang elektronik meningkat. Salah satu gadget yang mengalami peningkatan penjualan adalah laptop, sob. Banyak orang yang membutuhkan laptop sebagai penunjuang aktivitas kerja jarak jauh yang kini masih dilakukan.

Mengingat harga laptop baru yang nggak murah membuat mereka harus berpikir dua kali sebelum membeli. Sehingga banyak orang yang mengambil alternatif dengan membeli laptop bekas. Hal tersebut mereka lakukan karena kebutuhan yang mendesak dengan kondisi keuangan yang membuat dada sesak.

Laptop Bekas
Laptop bekas dapat dengan mudah kamu temukan di marketplace. Sumber: Google Image

Biar kamu nggak nyesal saat sudah membeli laptop bekas, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan, sob. Nah, Zetizen Cirebon sudah rangkum poin-poin yang harus kamu perhatikan, sob. Let’s check this out! (arfan)

 

1. Cek Panel Layar

Blending Pada Layar
Waspada blending pada layar laptop bekas yang dapat mengganggu pandanganmu. Foto: Grup Komunitas Laptop Gaming Indonesia

Nah, ini merupakan hal yang sangat penting untuk kamu lakukan sebelum membeli laptop bekas. Banyak kasus yang terjadi pada panel layar laptop bekas, seperti blending, color burn, dan kecacatan layar lainnya. Jika kamu membeli laptop dengan layar yang cacat, maka untuk memperbaikinya harus mengeluarkan uang yang cukup banyak.

 

2. Kesehatan Hard Disk

How to start using Hard Disk Sentinel
Tampilan dari software Hard Disk Sentinel. Foto: hdsentinel.com

Ini penting banget untuk kamu cek karena biasanya laptop second itu kondisi kesehatan hard disk-nya menurun. Kalau laptop yang ingin kamu beli mempunyai skor Hard Disk Health di atas 50 persen, berarti itu aman untuk kamu pakai. Namun, harus kamu ketahui kalau kesehatan hard disk tersebut menurun maka performa pun ikut menurun.

Kamu dapat memeriksa kesehatan hard disk dengan menggunakan software Hard Disk Sentinel, sob. Dengan software tersebut kamu dapat memantau performance, health, temprature, free space, dan lainnya. Walau laptop yang kamu beli menggunakan SSD, tetap dapat dicek menggunakan software tersebut.

Baca juga: Z-TECH : REVIEW ASUS Vivobook S14 S433

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *