Anubis, Dewa Kematian Dari Mitologi Mesir

oleh -1.511 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Anubis dalam kepercayaan Mesir Kuno dianggap sebagai dewa kematian dengan wujud kepala serigala dan badan manusia. (seno)

Anubis dikenal dalam bahasa Mesir kuno sebagai Inpu (yang berarti “pembusukan”). Anubis dipercaya memiliki keterkaitannya dengan mumi dan kehidupan setelah kematian dalam mitologi Mesir.

Kelahiran

WTF: Gods of Egypt (2016) – 1,2,3 WTF!? (Watch the Film)

Ada banyak versi berbeda mengenai kelahiran Inpu dalam mitologi Mesir. Pada periode 2181–2055 SM, ia dikenal sebagai putra Hesat atau Bastet. Dalam versi lainnya, ia justru putra dari Nephthys dan Usir.

Dikatakan bahwa Nephthys menipu kakaknya, Usir, untuk menjadi ayah dari anaknya dengan menggunakan aset Appeareance.

Nephthys memberi tahu suaminya-saudara laki-laki, Set, bahwa anak itu miliknya tetapi dia segera mengetahuinya. Ketika Set membenci Usir, dia kemudian berencana untuk membunuh anak itu ketika dia lahir.

Lihat juga: Shinigami, Dewa Kematian Salah Satu Cerita Rakyat Asal Jepang

Karena itu Nephthys, menelantarkan anak itu saat bersembunyi di rawa-rawa dekat Sungai Nil.

Anak itu dirawat oleh serigala dan akhirnya ditemukan oleh Aset yang mengangkat Inpu sebagai anaknya sendiri. Ketika dia menjadi dewasa, membayarnya dengan menjadi pelindungnya.

Di versi lain dimana dia adalah putra Nephthys dan Set tidak jauh berbeda. Dikatakan bahwa, setelah Nephthys hamil dengan anak Set, dia berusaha menyembunyikan kehamilan itu karena dia tahu bagaimana kekerasan Set bisa. Khawatir akan bayinya, Nephthys memberikan Inpu kepada Aset yang akhirnya membesarkannya.

Kepala Serigala

Anubis: Guardian of the Scales and Judge of the Dead | Gaia

Hubungan Inpu dengan serigala atau anjing mungkin karena faktanya mereka berkeliaran di sekitar kuburan dan kadang-kadang menggali kuburan. Inpu dicat hitam, karena warna tubuh yang dibalsem gelap.

Meskipun sering diidentifikasi sebagai Sab, serigala, dan bukan sebagai iwiw, anjing, masih ada banyak kebingungan tentang hewan Inpu yang sebenarnya

Source: Fandom 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *