Apa Itu Humblebragging? Simak Ulasan Berikut!

oleh -459 views
Source by umroh.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Humblebragging atau yang biasa kita ketahui adalah “merendah untuk meroket” adalah sikap menyombongkan diri secara terselubung. Seseorang yang melakukan humblebragging biasanya mengatakan hal yang saling bertolak belakang dengan niat aslinya. Tujuannya pasti untuk mendapatkan pujian dari orang lain dan terkesan rendah hati, padahal sebenarnya tidak demikian. (Fajar)

Nah, berikut ini merupakan beberapa ciri yang menandakan seseorang memang punya kebiasaan suka merendah untuk meroket atau humblebragging. Daripada penasaran, yuk langsung aja nih disimak ulasannya!

1. Suka memancing pujian dari orang lain dengan cara merendahkan kekuatan atau kelebihanmu

Ada banyak orang yang betul-betul sadar akan kelebihan mereka. Pasalnya, beberapa orang teramat suka jika bisa mendengar decak kagum dari orang lain mengenai hal itu. Tapi tentu saja, gak ada seorang pun yang suka kalau dirinya dianggap sombong.

Itulah mengapa cara menjelekkan keunggulan diri sendiri agar dapat pujian, dianggap lebih bisa diterima. Kamu mungkin mengira orang melihatmu sebagai sosok rendah hati. Sebenarnya, perilaku demikian menunjukkan dengan jelas bahwa kamu adalah orang yang suka merendah untuk meninggi.

2. Saat orang lain bercerita tentang pencapaian mereka, kamu selalu menimpalinya secara halus dengan ceritamu sendiri yang lebih hebat

Biasanya, kalau ada orang yang sedang menceritakan pencapaian mereka, kamu berpikir bahwa ini juga bisa jadi kesempatan buatmu untuk unjuk gigi. Kamu bakal menimpali cerita mereka dengan prestasimu sendiri yang jauh lebih hebat.

Hanya saja, kamu melakukannya dengan halus supaya orang gak mengira kalau kamu tukang pamer. Perbandingan antara pencapaianmu dengan orang lain itu, nantinya bisa membuat orang-orang turut memuji kamu.

Baca juga : Inilah Manfaat Tersembunyi Jika Kita Mengunyah Permen Karet

3. Bukannya menjawab pertanyaan dengan lugas, kamu malah memberitahu hal-hal yang sebenarnya tidak orang lain tanyakan

Pada dasarnya, saat orang menanyakan sesuatu yang hanya butuh jawaban singkat seperti ‘ya’ atau ‘tidak’, kita cukup menjawab dengan lugas. Tapi kalau kamu sering menjawab sambil memberitahu informasi lain yang sebetulnya gak diperlukan, maka bisa jadi kamu suka merendah untuk meroket.

Contohnya, saat seseorang bertanya, “Kamu bisa datang ke acara itu kan minggu depan?”, lalu kamu menjawab dengan “Kayaknya minggu depan aku belum balik dari Thailand, deh!” Jawaban yang demikian, sebetulnya gak perlu, kecuali kalau orang yang bersangkutan menanyakan alasannya.

4. Kamu mungkin terdengar seperti mengeluh. Tapi di saat yang sama, kamu benar-benar sedang menyombongkan diri

Pamer yang terselubung juga bisa dilakukan dengan cara mengeluh, lho! Sebagai contoh, kamu mengeluh pada teman kalau harus selalu membawa kartu identitas kemanapun pergi karena orang-orang selalu mengira kamu lebih muda dari usia yang sebenarnya.

Mungkin, ini memang bisa mengganggu bagi beberapa orang. Tapi, hal tersebut bukanlah sesuatu yang penting dikeluhkan dari waktu ke waktu. Walau sepele, tapi sikap seperti ini benar-benar pertanda bahwa kamu adalah orang yang hobi merendah untuk meroket.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.