Empusa, Monster Penggoda Pria Dalam Mitologi Yunani

oleh -1.274 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Empusa memang tidak terlalu terkenal jika dibandingakan dengan legenda Yunani lainnya karena ia memang tidak muncul di legenda popular atau cerita tradisional pada umumnya. (seno)

Empusa digambarkan sebagai wanita cantik yang mampu berubah menjadi makhluk bergigi tajam, berambut api dan bersayap kelelawar. Menurut legenda, ia adalah makhluk setengah dewi di bawah kontrol dewi Hecate.

Lihat juga: Cerberus, Monster Anjing berkepala 3 Dalam Mitologi Yunani

Dalam mitologi Yunani, Empusa adalah campuran antara para dewa dan iblis vampir, yang adalah para pelayan Hecate. Sebagai sebuah kelompok, mereka mengambil peran sebagai Empusa tunggal, putri Hecate dan roh Mormo. Mereka memiliki kaki perunggu dan kaki kuda.

Lihat juga: Chimera, Makhuk dari Mitologi Yunani Berupa Singa Berekor Ular

Mereka sering dikaitkan dengan para dewa setengah dewa lainnya seperti Lamia dan Mormo, yang, seperti halnya Empusa, dianggap sebagai setan atau hantu dalam mitologi kemudian dan dalam agama-agama kafir lainnya. Dia sering menggoda pria (terutama pria tidur)

Lihat juga: Werewolf, Manusia Serigala Terbangun Setiap Bulan Purnama

Ketika pemuda tersebut tertidur, makhluk tersebut akan berubah ke wujud aslinya untuk memakan daging korbannya dan meminum darahnya. Makhluk menyeramkan ini terkenal dalam kisah The Frogs karya Aristophane. Dalam cerita tersebut, Dia membuat dewa Dionysus ketakutan saat ia pergi ke dunia bawah.

Sumber: Fandom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.