Excalibur, Pedang Ajaib Pemilih Raja Dalam Legenda Arthurian

oleh -1.210 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Excalibur atau Caliburn adalah pedang legendaris Raja Arthur, kadang-kadang dikaitkan dengan kekuatan magis atau terkait dengan kedaulatan sah Britania Raya. (seno)

Excalibur dan Sword in the Stone (bukti dari silsilah Arthur) disebut – sebut merupakan pedang yang sama. Tetapi dalam berbagai versi pernah menyebutkan bahwa dianggap terpisah atau berbeda.

Sejarah Excalibur

female gazing at: Bradley James | FlickFilosopher.com

Dalam karya Welsh awal seperti Culhwch dan Olwen, pedang Raja Arthur dikenal sebagai ‘Caledfwlch’. Istilah ini, yang secara kasar diterjemahkan sebagai ‘celah keras’, mungkin terkait dengan Irlandia ‘Caladbolg’, pedang yang digunakan oleh Fergus mac Roich dan pahlawan lain dalam mitologi Irlandia.

Seiring waktu berubah namanya menjadi  ‘Calibourne’, ‘Calliborc’, ‘Escaliborc’ dan beberapa lainnya. Thomas Malory menjelaskan bahwa nama ‘Excalibur’ berarti ‘Kutte Steele’ (potongan baja).

Kemiripan The Sword in the Stone

Excalibur | Garpedia Wiki | Fandom

Dalam Malory’s ‘Le Morte d’Arthur’, Arthur diberikan Excalibur oleh Lady of the Lake. Namun, dalam satu bagian dari karya ini, Malory juga menggunakan nama yang sama untuk pedang yang diambil Arthur dari batu.

Setelah “dia menarik Excalibur swerd-nya” dari batu, itu mengeluarkan cahaya tiga puluh obor dan membantunya menakut-nakuti musuh-musuhnya.

Ketika pedang itu pecah,  Arthur menerima pedang lain, juga bernama Excalibur, dari Lady of the Lake.

Meskipun dia mungkin bermaksud untuk hanya menyebut pedang kedua sebagai Excalibur, hal ini mengacaukan ceritanya dengan menyebut kedua pedang itu memiliki nama yang sama.

Dalam hal apa pun, nama Excalibur, seperti yang dijelaskan sebelumnya, adalah varian Prancis dari Geoffrey dari Monmouth Caliburnus pedang Arthur dan mungkin bisa merujuk ke kedua bilah, baik dari batu atau danau.

‘Sword in the Stone’ yang merupakan karya asli  Robert de Boron dalam ‘The Story of Merlin’ sebenarnya memiliki pedang yang tertanam di landasan di atas batu.

Dalam film 1981 Excalibur yang diproduksi oleh John Boorman, masalah label ganda ini ditangani dengan hanya memiliki satu pedang . Ketika ‘sword in the stone’ pecah, pedang itu kemudian diperbaiki oleh Nyonya Danau.

Sarung dan Pedang

Scabbard of Excalibur | Sonic News Network | Fandom

Dalam beberapa versi legenda, pedang ini terkadang dipakai oleh ksatria Arthurian lainnya.

Dalam Chretien de Troyes ” Perceval ‘, the blade’ Escalibor ‘pernah dimiliki oleh Sir Gawain.

Di Culhwch dan Olwen, prajurit, Llenlleawg orang Irlandia, menggunakan pedang Arthur untuk membunuh raja Irlandia Diwrnach, pada saat yang sama mencuri kuali ajaibnya.

Sarung pedangnya juga dianggap memiliki kualitas magis yang melindungi pemakainya dari cedera serius atau dari kehilangan darah jika terluka.

Ketika Arthur jatuh di Camlann, Excalibur dikembalikan ke danau oleh Sir Bedivere.

Source: Fandom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.