Inilah Manfaat Tersembunyi Didalam Cengkeh!

oleh -262 views
Source by Halodoc.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Cengkeh merupakan salah satu rempah serbaguna yang sering digunakan dalam membuat makanan, minuman, dan bahkan sebagai campuran dalam pembuatan rokok. Di balik kegunaannya tersebut, rempah ini juga kerap dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional. (Fajar)

Banyak nutrisi yang terkandung dalamnya. Satu sendok teh atau sekitar dua gram cengkeh, mengandung energi sebesar 21 kalori, satu gram karbohidrat, dan serat. Selain itu juga, mengandung mangan, vitamin K, vitamin C, kalsium, magnesium, dan vitamin E.

Yuk simak ulasannya lebih lanjut tentang manfaat yang terkandung didalam cengkeh. Let’s check this out!

1. Menguatkan tulang

Manfaat cengkeh dapat menguatkan tulang. Kandungan didalamnya yaitu ekstrak hidrokarbon termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya seperti flavon, isoflavon, dan flvonoid dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang. Manfaat lainnya juga bisa menguatkan tulang dalam kasus osteoporosis.

2. Memiliki efek pereda nyeri

Manfaat cengkeh secara tradisional terbukti dapat meredakan sakit gigi dan nyeri karena peradangan. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan senyawa kimia di dalamnya dapat memberi efek antinyeri, antiradang, dan mencegah kerusakan sel saraf.

Baca juga : Ketahuilah Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Tubuh!

3. Membantu mengatur gula dalam darah

Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak cengkeh dapat membantu mengatur peningkatan gula darah pada tikus penderita diabetes.

Sementara, penelitian lain pada tikus juga menunjukkan bahwa cengkeh dan nigericin dapat meningkatkan penyerapan gula dari darah ke dalam sel tubuh, fungsi sel yang memproduksi insulin, dan sekresi insulin.

4. Membunuh bakteri

Sifat antibakteri yang dimiliki rempah satu ini ternyata mampu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Minyak cengkeh dipercaya mampu membunuh bakteri E.coli.

Selain itu, rempah ini juga bermanfaat untuk membantu menghentikan pertumbuhan berbagai jenis bakteri di mulut. Efek antibakteri dalamnya juga dapat menghambat pertumbuhan kuman di kulit penyebab jerawat.

5. Mencegah kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam rempah ini dapat membantu melindungi tubuh dari sel kanker. Eugenol dalam cengkeh terbukti memiliki sifat antikanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa eugenol secara efektif mendorong kematian sel dalam sel kanker serviks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.