Inilah Obat Alami yang Dapat  Meredakan Sakit Tenggorokan

oleh -231 views
Source by Alodokter.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sakit tenggorokan bisa membuat kita menjadi tidak nyaman. Susah berbicara, susah menelan, apalagi untuk makan. Sakit yang dirasakan biasanya berasal dari iritasi pada tenggorokan karena virus atau bakteri sob. 

Adanya serangan partikel asing tersebut merangsang sistem imun tubuh untuk membuat inflamasi dan membengkakkan membran lendir yang terletak pada bagian tenggorokan atas. Pada umumnya gejala ini muncul saat kita akan terserang flu, batuk, atau radang tenggorokan.

Berikut sejumlah cara untuk mengatasi sakit tenggorokan secara alami yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakit tersebut. Yuk simak ulasannya sebagai berikut! (Fajar)

1. Campurkan madu dan rempah-rempah

Tenggorokan yang gatal dan iritasi membutuhkan pelumas untuk mencegah kondisinya semakin buruk. Kalian bisa mencampurkan madu, bubuk kayu manis, sedikit lada hitam, dan bubuk jahe. Madu berfungsi sebagai antivirus dan bakteri, sedangkan rempah-rempah bisa menopang sistem kekebalan tubuhmu.

Untuk jumlahnya, kalian cukup mengira-ngira saja karena tidak akan berpengaruh. Campur semuanya hingga rata, kemudian telan dengan perlahan. Campuran tersebut akan membantu melapisi tenggorokan mu sehingga rasa sakit bisa berkurang lho.

2. Air lemon

Lemon memiliki kandungan yang baik untuk mencairkan lendir di tenggorokan sehingga bisa meredakan rasa sakit. Tidak hanya itu, vitamin C yang terdapat di dalamnya juga mampu meningkatkan kekuatan sistem imun untuk melawan iritasi.

Untuk mengonsumsinya, kalian memerlukan satu buah lemon. Peras airnya, campurkan dengan air dan madu atau larutan air garam. Kombinasi tersebut baik untuk memaksimalkan manfaatnya.

3. Perbanyak minum air mineral dan istirahat

Bagian terpenting dari perawatan sakit tenggorokan adalah dengan tetap terhidrasi. Cairan akan melumasi tenggorokan sehingga pembengkakan dan peradangan tidak bertambah buruk.

Pastikan kalian minum banyak air tetapi hindari air panas ya sob, cukup air biasa atau air hangat karena suhu yang terlalu panas bisa memperburuk kondisi tenggorokan. Saat sakit, kalian juga harus menghindari kopi karena bisa menyebabkan dehidrasi.

Hal penting lain yang perlu kalian ketahui, saat sakit tenggorokan sebaiknya hindari minuman dengan pemanis buatan. Tak terkecuali minuman yang mengandung banyak gula. Untuk sementara, ganti pemanis dengan madu yang jelas bisa membantu meredakan sakit tenggorokan sob.

4. Kumur air garam

Berkumur dengan menggunakan air garam merupakan salah satu cara untuk meredakan rasa sakit saat menelan akibat radang tenggorokan. Air garam dapat membantu melapisi dan melembapkan selaput tenggorokan, sehingga nyeri saat menelan pun bisa berkurang.

Garam dapat berfungsi sebagai penarik air dan pereda gejala. Garam juga dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan dan pita suara lho. Kalian bisa mencoba untuk berkumur air garam 2-3 kali sehari hingga gejala radang tenggorokan berkurang ya.

5. Larutan cuka apel

Siapa yang tidak tahu cuka apel? Ini adalah tonik kesehatan yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional sejak dahulu lho sob. Ada banyak khasiat yang tersimpan, salah satunya adalah meredakan gejala flu seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Untuk mengonsumsinya kalian perlu mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air mineral. Agar terasa lebih enak, kalian bisa menambahkan satu sendok makan madu. Larutan tersebut mengandung sifat antibakteri sehingga bisa membantu meredakan rasa sakit akibat inflamasi.

Baca juga : Simak Inilah Penyebab Dari Cegukan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *