Inilah Penyebab Bau Urine Kalian Menyengat!

oleh -380 views
Source by Hellosehat.comĀ 

ZETIZEN RADAR CIREBON – Air kencing atau urine merupakan salah satu sarana tubuh untuk mengeluarkan limbah dan kotoran yang tersisa didalam tubuh. Itulah sebabnya air kencing memiliki bau tidak enak atau yang disebut dengan bau pesing. Warnanya bisa menjadi indikator pola makan, kadar hidrasi, dan kondisi kesehatan. Sedangkan baunya dapat mencerminkan apa yang sudah dicerna oleh tubuh kita. (Fajar)

Beberapa orang mungkin berpikir, bau tak sedap itu datang dari makanan yang mereka makan. Bau air kencing juga dapat menentukan kondisi kesehatan tubuh kalian.

Oleh karena itu, lebih baik untuk mengobati masalah ketika urin kalian berbau tidak sedap. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang timbul terjadinya aroma urine yang tak sedap.

1. Dehidrasi

Kekurangan cairan pada tubuh setidaknya akan memengaruhi bau air kencing kalian. Bila kita kekurangan cairan maka kadar air dalam urine juga akan berkurang. Jika hal itu terjadi maka akan meningkatkan konsentrasi warna dan bau pada urine.

2. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih bisa menyebabkan kencing bau. Berbagai gejala seperti sering kebelet buang air kecil (anyang-anyangan) dan munculnya sensasi panas setelah berkemih, sering menyertai kondisi medis ini. Bakteri itu sendiri yang dapat mengakibatkan timbulnya infeksi saluran kemih. Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebabnya.

Baca juga : Konsumsi Ini Untuk Hilangkan Bau Badan

3. Makanan menyengat

Beberapa asupan makanan dengan bau yang khas dapat membuat kencing kalian menjadi lebih menyengat. Sebagai contoh asparagus atau bawang putih akan meningkatkan kandungan sulfur dalam urine sehingga baunya jadi lebih mencolok. Makanan lain yang juga bisa mempengaruhi bau kencing misalnya seperti jengkol atau petai.

4. Minum kopi

Kalau kalian sering minum kopi, air kencing juga akan berubah baunya menjadi mirip seperti kopi. Ini terjadi karena selain urine berisi kandungan kopi, cairan dalam kandung kemih juga bisa lebih terkonsentrasi akibat kopi yang bersifat diuretik.

5. Obat-obatan

Ketika kalian sedang mengonsumsi obat untuk penyakit tertentu atau suplemen kesehatan, air kencing juga bisa menjadi lebih berbau. Hal tersebut terjadi dikarenakan adanya kandungan seperti sulfonamida pada obat-obatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.