Jangan Lakukan Body Shaming, Ketahui Dampaknya

oleh -119 views

 

Source by manado.tribunnews.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Saat ini, marak sekali perilaku bullying terhadap seseorang. Biasanya, bullying dilakukan oleh seseorang yang merasa lebih baik dari sang korban. Perilaku bullying sendiri terdiri dari verbal dan non verbal. Nah, kali ini, kita akan membahas perilaku bullying verbal ya! Salah satu contoh bullying verbal yaitu Body Shaming

Body shaming adalah salah satu bentuk perundungan dengan mengomentari fisik atau tubuh seseorang. Biasanya, sang pelaku melakukan itu karena berpikir ada yang salah dan tidak sempurna dengan fisik sang korban. Nah, sekarang mari kita bahas dampak-dampaknya terhadap korban, yuk! (Kayla)

1. Hilangnya rasa percaya diri pada korban

Dampak body shaming yang pertama adalah hilangnya rasa percaya diri pada sang korban. Korban akan merasa bahwa dirinya serba kekurangan dan merasa bahwa dia tidak layak untuk dicintai oleh orang lain. Padahal, dirinya tidak seburuk itu.

2. Bisa sampai depresi

Tak jarang korban menjadi depresi. Karena mereka terus dibayang-bayangi oleh ucapan orang tentang dirinya. Mereka memikirkan cara untuk merubah semua kekurangan yang ia rasakan itu.

Namun, terkadang apa yang dilakukan tak memberikan hasil yang maksimal dan membuat orang-orang tetap memberikan komentar negatif padanya. Itu pun bisa menjadi pemicu seorang korban mengalami depresi.

3. Tak menutup kemungkinan untuk self-harm

Saat ini, self-harm sedang marak terjadi dikalangan remaja. Banyak dari mereka yang menjadikan self-harm adalah jalan keluar dari masalah yang sedang mereka hadapi. Begitupun korban body shaming, bisa saja mereka tidak ada keberanian untuk melawan dan hanya memendam semua kekesalannya sendiri. Alhasil, self-harm menjadi solusi bagi mereka.

Padahal itu salah ya sob. Jangan pernah melakukannya karena itu hanya akan menyakitimu, tidak menyelesaikan masalahmu. Coba untuk cari banyak kegiatan positif yang bisa mengalihkan pikiranmu untuk self-harm.

4. Kecemasan berlebih

Selalu memiliki kecemasan berlebih untuk berinteraksi atau melakukan sesuatu adalah salah satu dampaknya ya, sob! Contohnya seperti ia tidak mau berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya karena merasa takut dan tidak percaya diri. Dengan kecemasan berlebih, mereka cenderung menjadi orang yang pendiam dan menutup diri dengan orang lain.

Itu dia 4 dampak dari perlakuan body shaming yang sudah Zetizen Cirebon rangkum untuk kalian. Ingatlah bahwa di bumi ini, tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, Stop body shaming ya, sob!

Baca Juga: Sering Insecure? Mungkin Cara Ini Bisa Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.