,

Ketahuilah Penyebab Penyakit Gondok!

oleh -667 views
Source by Halodoc

ZETIZEN RADAR CIREBON – Penyakit gondok adalah pembesaran kelenjar tiroid yang tidak normal. Penyakit ini bukanlah tumor atau kanker. Meskipun tidak sakit, gondok yang terlalu besar bisa membuat kalian susah bernapas, menelan, dan batuk-batuk. (Fajar)

Pada kondisi normal, kelenjar tiroid tidak tampak menonjol. Fungsi kelenjar ini adalah untuk menghasilkan hormon tiroid, yang mengatur berbagai fungsi normal tubuh, seperti denyut jantung, suhu tubuh, dan kekuatan otot.

Meskipun pada beberapa kasus, penyakit ini dapat muncul tanpa penyebab yang pasti, namun secara umum, gondok disebabkan oleh beberapa kondisi sebagai berikut.

1. Merokok

Gondok dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok. Hal ini terkait dengan kandungan tiosianat pada rokok, yang dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap yodium.

2. Kekurangan yodium

Yodium sendiri berperan besar dalam menjaga kesehatan dan produksi hormon tiroid. Di negara berkembang, terutama pada populasi yang tinggal jauh dari air laut atau ketinggian cenderung mengalami kekurangan yodium dan mengalami pembesaran tiroid.

Kekurangan yodium pada tahap awal dapat diperburuk dengan mengonsumsi makanan yang dapat menghambat hormon tiroid, seperti selada, brokoli, dan kembang kol.

Baca juga : Simak Penjelasannya Kenapa Manusia Bisa Merinding!

3. Penyakit graves

Penyakit Graves merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan sistem kekebalan tubuh. Di mana antibodi yang diproduksi oleh tubuh menyerang kelenjar tiroid sehingga menyebabkan kelebihan produksi tiroksin dan berujung dengan penyakit gondok.

4. Penyakit hashimoto

Gondok juga bisa terjadi karena kurangnya hormon tiroid. Nah, penyakit Hashimoto dan penyakit Graves sama-sama merupakan penyakit autoimun.

Namun, pada penyakit Hashimoto kalian justru kekurangan tiroid sehingga kelenjar pituitari menghasilkan hormon perangsang tiroid (TSH) untuk menstimulasi tiroid. Akibatnya, kelenjar tiroid pun membengkak.

5. Tiroiditis

Tiroiditis adalah radang yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada tiroid. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan produksi tiroksin, baik kelebihan atau kekurangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.