Mendadak Sakit Kepala Saat Olahraga? Inilah Tips Menghadapinya

oleh -170 views
Source by klikdokter.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sakit kepala bisa muncul tiba-tiba saat sedang berolahraga. Jika bukan karena ada masalah lain dengan kesehatan, bisa jadi itu adalah exertion headache yang memang dipicu oleh olahraga. (fajar)

Kondisi tersebut pada akhirnya bisa menyebabkan aliran darah ke otak menjadi tidak stabil dan membuat struktur pembuluh darah otak tidak signifikan. Akibat adanya perubahan struktur dan fisiologis tersebut, akhirnya menyebabkan rangsangan nyeri di kepala menjadi sensitif.

Berikut ini adalah cara mengatasi sakit kepala saat atau setelah olahraga!

1. Selalu melakukan pemanasan dan pendinginan

Jangan pernah melewatkan pemanasan sebelum mulai berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga. Jika rutin diterapkan dengan cara yang benar, ini bisa mengurangi risiko timbulnya efek tersebut.

2. Perbaiki postur

Gerakan atau form saat berolahraga bisa saja memicu sakit kepala ketika dilakukan dengan tidak tepat. Memperbaiki postur dan gerakan saat berolahraga akan membuat aliran darah lebih lancar sehingga tidak mudah terserang exertion headache.

Baca juga : Ketahuilah Penyebab Tremor Pada Tangan

3. Temukan penyebab

Ada berbagai pemicu sakit kepala saat olahraga. Dehidrasi, kurang tidur, dan bahkan gangguan pada tekanan darah, termasuk di antaranya. Kenali apa saja yang paling mungkin menjadi pemicunya, lalu hindari.

4. Periksa ke dokter

Jika sakit kepala yang datang tiba-tiba semakin parah hingga mengganggu penglihatan, kalian memerlukan perhatian medis sesegera mungkin. Sebab bisa jadi ada hal yang lebih serius. Begitu juga dengan exertion headache yang muncul terus menerus. Pergilah menemui dokter untuk melihat lebih jauh apa yang terjadi.

5. Gunakan obat pereda rasa nyeri

Obat-obatan tertentu dapat mengurangi exertion headache saat berolahraga. Konsultasikan kepada dokter jenis obat yang seharusnya kalian minum dan kapan waktu yang tepat. Sebab beberapa obat memiliki efek samping tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.