Mengenal 6 Macam Masker Beserta Fungsinya

oleh -236 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Semakin maraknya pandemi virus corona yang semakin meluas membuat masker banyak dicari orang.

Setiap masker memiliki jenis yang beragam dan tentu dengan fungsinya yang berbeda-beda, mulai dari masker sekali pakai hingga yang bisa digunakan berulang-ulang.

Hampir semua masker memiliki fungsinya masing-masing, namun hampir tidak semua orang tidak mengenali fungsinya. Berikut macam-macam masker berserta fungsinya. (seno) 

1. Masker N95

Masker N95

Masker N-95 dikenal sebagai respirator udara yang melindungi pemakainya dengan menyaring partikel berbahaya. Namun, masker N95 hanya bisa berfungsi untuk kotoran dan debu saja, tidak untuk gas dan uap.

Diketahui masker N95 memiliki efisiensi penyaringan mencapai 95 persen jika digunakan dengan cara yang benar. Meski begitu, mereka hanya efektif terhadap partikel dan patogen yang berdiameter 0,3 mikron saja.

2. Masker P95

3M™ Particulate Respirator 8577, P95 with Nuisance Level Organic ...

Lain halnya dengan masker tipe N, masker P95 memiliki kemampuan untuk menyaring partikel yang mengandung minyak dilepaskan, seperti bensin, solar, minyak tanah, cat, dan minyak goreng.

Pengguna yang memakai masker jenis ini biasanya berada di wilayah berminyak seperti pompa bensin, kalang minyak, pabrik farmasi, dan pabrik lainnya yang memproses minyak.

Masker P95 dapat digunakan selama 40 jam dalam jangka waktu 30 hari.

Lihat juga: 5 Manfaat Setelah Menunaikan Puasa Syawal

3. Masker Bedah

Langka akibat Corona Covid-19, Harga Masker Bedah Tembus Rp 15 Juta!

Masker bedah menjadi salah satu yang mudah ditemukan di apotek. Umumnya masker ini memiliki warna biru atau hijau. Masker jenis sering dijumpai dan digunakan banyak orang, namun kegunaan nya hanya bisa sekali pakai.

Oleh karena itu, masker bedah memiliki ukuran yang lebih longgar dan biasanya terbuat dari tiga lapisan, yaitu dua lapisan luar dan satu lapisan di tengah yang berfungsi sebagai filter.

Masker bedah harus memiliki efisiensi penyaringan sebesar 80 persen atau lebih tinggi

4. Masker Pitta

Nano Teknoloji Yüz Maskesi Maske, YENİ HollyHood

Masker pitta memiliki bentuk yang lebih menarik dan stylish dibanding yang lainnya. Masker ini kebanyakan digunakan oleh masyarakat Jepang dan Korea untuk menghalau masuknya serbuk sari ke hidung.

Sayangnya, masker pitta tidak memiliki lembaran filter atau penyaring, padahal itu bagian penting untuk melindungi penggunanya dari kontaminasi partikel virus dan kuman yang terbawa oleh udara.

Lihat juga: Pemicu Jerawat Tetap Tumbuh Saat WFH

5.  Masker N99 dan N100

Jual BOWIN Masker Filter N99 CV Washable/Reuseable/Anti Polusi ...

Masker N99  dan N100 menjadi pilihan yang tepat dan jauh lebih kuat dibandingkan dengan N95. Kedua masker ini masing-masing memiliki tiga lapisan filter.

Perbedaan di antara kedua masker ini adalah kemampuannya dalam menyaring udara. Masker N99 mampu menyaring udara hingga 99 persen, sedangkan masker N100 sampai 100 persen.

6. Masker Gas

 

M04 airsoft paintball dummy gas mask fan for cosplay protection ...

Masker gas berfungsi untuk melindungi diri dari gas dan uap yang berbahaya. Masker ini akan efektif digunakan dengan adanya filter yang tepat untuk bahan kimia tertentu.

Biasanya, masker gas tidak menyaring partikel udara kecuali didesain dengan memiliki filter untuk menghalaunya.

Source: Liputan 6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *