Merlin, Penyihir Penuntun Raja Arthur Dalam Legenda Arthurian

oleh -1.650 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Merlin adalah seorang alhi mantra yang digambarkan sebagai salah satu penyihir terhebat sepanjang masa. (seno)

Dia merupakan anak dari manusia dengan incubus. Dia merupakan penasihat bagi empat raja besar termasuk Uther Pendragon dan Arthur Pendragon.

Kisahnya ditulis lengkap dalam Puisi Merlin dan beberapa referensi legenda Arthurian lainnya

Penyihir Terhebat

Merlin adalah seorang alhi mantra sihir. Karenanya dia mendapatkan julukan Pangeran Sihir atau The Prince of Enchanters.

Berkat kemampuannya yang hebat semua orang memandang tinggi padanya.  Tidak diragukan pula bahwa dia sudah menuntun Empat Raja Besar Britania termasuk Arthur dan ayahnya.

Pada masa itu, perburuan penyihir adalah sesuatu yang wajar. Namun tidak ada yang berani memburunya dan para raja besar menghormatinya.

Merlin dan Arthur

Bagi Arthur, Dia adalah mentor, guru, sekaligus penasihat. Arthur sangat menghormati Merlin sampai mengangkatnya menjadi penasihat raja.

Setelah kelahiran Arthur, dia membawanya untuk diasingkan dan mengajarinya kehidupan. Dari versi cerita lain Merlin baru menemui dan mengajari Arthur ketika dia sudah tumbuh menjadi anak-anak.

Ketika Arthur berhasil mencabut Pedang Excalibur(yang sebenarnya hanya sarungnya). Dia bertanggung jawab atas penggangkatan Arthur menjadi Raja Britania.

Dia membawa Arthur ke danau untuk menemui The Lady of Lake. Di sana Arthur diberi Pedang Excalibur yang asli serta sarung pedangnya yang ia bawa. Legenda mengatakan bahwa sarung pedang itu dapat menyembuhkan luka apapun.

Akhir Riwayat Merlin

Merlin memiliki akhir riwayat yang tidak jelas. Ada yang mengatakan bahwa dia menghilang ke pulau Avalon. Cerita ini dikaitkan dengan Nabi Idris sebagai sosoknya yang menghilang di bawah pohon apel. Dikatakan bahwa dia akan kembali setelah mengetahui rahasia keabadian.

Ada cerita lain bahwa dia diculik oleh The Lady of Lake dalam versi Viviane. Dalam versi ini ada dua akhir untuknya, yaitu dibunuh atau ditahan dalam penjara yang dinamakan “Penjara Abadi”.

Lihat juga: Camelot, Tempat Raja Arthur Berkuasa Pada Legenda Arthurian

Source: Wiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.