Pegasus, Makhluk Mitologi Yunani yang Sering dijadikan Referensi Kartun

oleh -2.263 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pegasus dalam bahasa Yunani: Πήγασος, adalah kuda jantan ilahi bersayap, dan salah satu makhluk yang paling dikenal dalam mitologi Yunani. (seno)

Penampilan Pegasus

Pegasus Symbolism and Meaning

Makhluk ini adalah seekor kuda (dalam mitos Yunani biasanya kuda jantan) yang umumnya dianggap putih murni, dan dengan sepasang sayap berbulu putih di punggungnya.

Legenda

Penyair Yunani-Romawi menulis tentang pendakian Pegasus ke surga setelah kelahirannya, dan penghormatan berikutnya kepada Zeus, raja para dewa, yang memerintahkannya untuk membawa kilat dan guntur dari Olympus. Teman Muses, Pegasus menciptakan Hippocrene, air mancur di Mt. Semacam alat musik.

Lihat juga: Werewolf, Manusia Serigala Terbangun Setiap Bulan Purnama

Ada beberapa versi kelahiran kuda jantan bersayap dan saudaranya Chrysaor di tempat yang jauh di tepi Bumi, mata air Oceanus Hesiod, yang mengelilingi bumi yang dihuni, tempat Perseus yang menemukan Medusa

Belleropheron dan Chimera

Pegasus ditangkap oleh pahlawan Yunani Bellerophon, dekat air mancur Peirene, dengan bantuan Athena dan Poseidon. Dia membiarkan Bellerophon mengendarai mobilnya untuk mengalahkan Chimera yang mengerikan, yang menyebabkan banyak eksploitasi lainnya.

Lihat juga: Hippogriff, Makhluk Mitologi Yunani Berpaduan Burung dengan Singa

Ada berbagai kisah tentang bagaimana Bellerophon menemukan Pegasus; yang paling umum adalah bahwa pahlawan disuruh oleh Polyeidos untuk tidur di kuil Athena, di mana sang dewi mengunjunginya di malam hari dan memberinya kekang emas.

Lihat juga: Cerberus, Monster Anjing berkepala 3 Dalam Mitologi Yunani

Pagi berikutnya, masih memegangi tali kekang, Bellerophon menemukan dia minum di mata air Pierian, menangkapnya dan akhirnya menjinakkannya.

Lihat juga: Hydra, Naga dengan Sembilan Kepala Dalam Mitologi Yunani

Bellerophon kemudian jatuh dari punggung kuda bersayap itu ketika mencoba mencapai Gunung Olympus. Setelah itu, Zeus mengubah dia menjadi konstelasi eponymous.

Source: Fandom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.