Pelukan Juga Punya Manfaat, Lho!

oleh -76 views
Source by shutterstock.

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pelukan terkadang memang disepelekan. Masih banyak orang yang tabu akan kontak fisik ini. Padahal, berpelukan adalah cara untuk menunjukkan perasaan sayang, menunjukkan simpati, atau bahkan menularkan kebahagiaan kepada orang-orang yang disayangi.

Terlebih disaat melihat orang yang kita sayangi menangis, pastinya kita refleks memberi mereka pelukan, bukan? Dan ketika kita berada di posisi yang sama, mendapat pelukan otomatis akan membuat hati kita lebih tenang. Karena pada dasarnya setiap orang memang butuh pelukan, sob.

Selain terkadang memiliki makna yang lebih dalam dari kata-kata, terdapat juga berbagai manfaatnya untuk kesehatan, lho! Apa saja ya manfaatnya? Yuk simak artikel yang sudah Zetizen Radar Cirebon rangkum dari berbagai sumber untuk sobat! Check this out! (Kayla)

1. Menghilangkan rasa kesepian

Manfaat yang pertama adalah menghilangkan rasa kesepian seseorang. Tahukah sobat bahwa berpelukan dapat merangsang produksi hormon oksitosin yang juga dikenal sebagai hormon cinta.

Hormon ini mempunyai manfaat untuk sejumlah kondisi kesehatan mental, termasuk depresi dan kecemasan. Oksitosin adalah neurotransmiter yang bekerja pada pusat emosi otak, meningkatkan perasaan puas, percaya, keakraban dan saling terikat.

2. Mengatasi rasa takut seseorang

Khasiat berpelukan lainnya adalah untuk mengatasi rasa takut. Sebuah penelitian menemukan bahwa sebuah sentuhan dapat mengurangi rasa takut atau cemas, sehingga pelukan bisa menjadi salah satu pilihan cara untuk menenangkan seseorang yang sedang ketakutan akan suatu hal.

Hal ini juga dibuktikan dengan pelukan yang diberikan orang tua kepada anak yang sedang merasa ketakutan. Pelukan dapat menjadi cara bagi orang tua yang ingin menenangkan buah hatinya.

3. Mengurangi rasa sakit akan suatu hal

Manfaat dari berpelukan yang selanjutnya yaitu mengurangi rasa sakit yang sedang seseorang rasakan. Bahkan suatu penelitian menunjukkan bahwa beberapa bentuk setuhan dapat mengurangi rasa sakit, salah satu bentuknya adalah pelukan.

Dilansir dari Health Line, dalam suatu studi, penderita fibromyalgia menjalani enam perawatan terapi sentuhan. Setiap terapi melibatkan sentuhan ringan pada kulit. Para peserta melaporkan adanya peningkatan kualitas hidup dan rasa sakit berkurang.

4. Meningkatkan mood

Manfaat berpelukan yang terakhir yaitu bisa meningkatkan mood seseorang. Ketika seseorang kekurangan kadar senyawa serotonin, seseorang dapat mengalami depresi dan merasa kesepian.

Nah, sebagai salah satu solusi, berikanlah pelukan pada seseorang yang sedang memiliki mood yang tidak baik, ya. Karena pelukan dapat memicu otak untuk melepaskan serotonin dan endorfin yang dapat membuat seseorang menjadi lebih baik.

So, itulah 4 manfaat pelukan untuk kesehatan mentalmu. Ingatlah untuk selalu membantu dan menemani seseorang yang sedang mengalami suatu masalah. Karena dengan hadirmu, bisa membuatnya merasa lebih baik.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Orang Lain Senang Dengan Kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *