Sering Insecure? Mungkin Cara Ini Bisa Mengatasinya

oleh -151 views
Sourcr by hipwee.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Insecure adalah keadaan dimana seseorang merasa tidak percaya diri terhadap sesuatu. Insecure bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti terlalu mendengarkan omongan orang lain, iri dengan apa yang orang lain punya, tidak mencintai diri sendiri, dan lainnya.

Salah satu dampak buruk dari insecure adalah menganggap diri selalu buruk. Selalu membandingkan apa yang diri kita miliki dengan milik orang lain. Wah, itu gak boleh ya sob.

Nah, ada beberapa cara mengatasi insecurities yang sudah Zetizen Cirebon rangkum untuk sobat semua yang mungkin sedang di fase ini. Let’s get started! (Kayla)

1. Ingatlah bahwa kamu berharga

Perlu kamu ketahui bahwa hidup memang tak selamanya bahagia. Akan ada saatnya kita terpuruk dan merasa tidak percaya diri. Tapi ingatlah bahwa dirimu itu berharga, at least untuk dirimu sendiri. Dan saat keadaan seperti itu, coba pikirkan orang-orang yang sobat sayangi, yang masih mendukung sobat hingga saat ini.

2. Temukan kelebihanmu

Penyebab utama dari rasa insecure adalah tidak percaya dengan diri sendiri, merasa tidak berguna dan tidak punya kelebihan. Sob, Tuhan menciptakan manusia dengan segala kekurangan dan kelebihan. Janganlah kamu terlalu fokus pada kekurangan yang kamu miliki. Untuk itu, setop pikirkan hal-hal buruk tentang dirimu, dan mulai gali potensi diri yang selama ini belum kamu ketahui!

3. Melupakan masa lalu

Tak jarang seseorang merasa insecure karena kejadian dimasa lalu. Perlu diketahui bahwa mengingat masa lalu tidak akan membuatmu maju dan lebih baik. Belajar dari kesalahan yang pernah kita lakukan memang penting. Tetapi jangan sampai itu membuat sobat terpuruk dan tidak bebas untuk mencintai diri sendiri dimasa depan.

4. Cintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri bukan berarti memacari, lho. Maksudnya, mulai cintai apa yang kamu miliki saat ini. Entah itu fisikmu, atau apapun. Karena kebahagiaan itu bermula dari rasa cinta pada diri sendiri. Jika saat ini kamu belum cinta pada dirimu, siapa yang akan mencintaimu?

5. Lakukan apa yang kamu mau, bukan yang orang lain mau

Pasti banyak dari kalian yang kalau ingin melakukan sesuatu, memikirkan pendapat dan omongan orang lain dahulu. Sob, itu enggak baik lho. Kita harus melakukan apa yang kita mau, bukan yang orang lain mau. Selagi yang kita lakukan itu baik dan tidak berdampak negatif untuk orang lain, kenapa tidak? Apalagi kalau sobat senang menjalaninya.

Itu dia beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi insecurities ala Zetizen Cirebon. Terus semangat dan tingkatkan rasa percaya diri ya sob.

Baca juga: Kebiasaan Ini Membuat Kulit Wajah Kusam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.