Simak Inilah Penyebab Dari Cegukan!

oleh -111 views
Source : IDNtimes.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Cegukan atau singultus merupakan kontraksi tak sengaja dari otot diafragma, yaitu otot yang memisahkan dada dan perut serta memainkan peranan penting dalam pernapasan. Setiap kontraksi diikuti oleh penutupan pita suara, akhirnya menghasilkan suara “hic” yang khas. (fajar)

Singultus terjadi ketika otot yang memisahkan perut dan dada (diafragma) berkontraksi tanpa disengaja. Diafragma memiliki peranan penting dalam sistem pernapasan manusia. Hal ini dikarenakan tubuh bergantung pada kontraksi dan pergerakan diafragma agar proses pernapasan berlangsung normal.

Berikut ini adalah penyebab kalian sering mengalami cegukan. Yuk simak ulasannya!

1. Efek dari obat-obat tertentu

Obat-obatan tentu juga dapat menjadi penyebab cegukan jangka panjang, seperti alkohol, obat bius, steroid, dan lainnya.

2. Kerusakan atau gangguan pada saraf

Cegukan bisa dikarenakan adanya kerusakan atau gangguan pada saraf yang berhubungan dengan otot diafragma. Kerusakan atau gangguan tersebut disebabkan oleh benda-benda asing di telinga yang menyentuh gendang telinga, sakit tenggorokan, tumor di leher, dan sebagainya.

3. Makan terlalu cepat dan banyak

Penyebab cegukan yang bisa terkait dengan kebiasaan dan pola makan. Makan yang terlalu cepat dan menelan udara bersama makanan juga dapat menyebabkan hal tersebut.

Makanan berlemak atau pedas, dan minum terlalu banyak (minuman berkarbonasi atau alkohol) dapat membuat perut buncit dan menyebabkan iritasi diafragma, yang akhirnya dapat menyebabkan cegukan.

4. Stroke

Kerusakan pembuluh pada otak atau pecahnya pembuluh darah pada otak dapat menyebabkan cegukan tanpa henti. Singultus ditemukan pada sebagian kecil orang yang terkena stroke. Hal ini juga dapat terjadi pada orang yang mengidap lupus eritematosus sistemik (SLE).

Hal ini perlu diperhatikan pada orang tua yang mengalami gejala singultus tanpa henti sebelum terlambat. Cegukan yang tak henti bisa menandakan pecahnya pembuluh darah pada otak atau stroke.

5. Kanker

Cegukan yang disebabkan oleh kanker dan kemoterapi dapat berkisar sesekali dan ringan hingga tanpa henti. Untuk pasien mesothelioma yang sudah menderita masalah pernapasan, hal ini bisa terasa menyakitkan. Dan mereka mungkin membuat pernapasan menjadi lebih sulit.

Cisplatin yang merupakan obat anti-kanker dan biasanya diberikan saat kemoterapi sering menjadi penyebab singultus. Dalam sebuah studi di Italia dilaporkan bahwa 3,9% pasien rawat inap dan 4,5% pasien rawat jalan mengalami hal ini berkelanjutan yang parah.

Baca juga : Rekomendasi Obat Totol Jerawat yang Ampuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *