Batu Ginjal, Yuk Kenali Gejalanya!

oleh -305 views
Source by Alodokter

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dikenal juga dengan istilah nefrolitiasis, batu ginjal merupakan kondisi saat material keras menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material ini terbentuk dari sisa zat di dalam darah yang disaring oleh ginjal lalu mengendap dan mengkristal seiring waktu.

Batu ginjal dapat keluar melalui urin tanpa perlu perawatan. Tetapi, ketika sebuah batu tersangkut di tempat yang tak semestinya, terutama di ureter yakni, lorong sempit yang memungkinkan urin bergerak dari renes ke kandung kemih, rasa sakitnya bisa menjadi sangat intens. (Fajar)

Batu yang lebih besar bahkan dapat menghalangi aliran urin. Terkadang, batu yang tersisa di ginjal mungkin tidak menyebabkan rasa sakit atau gejala sama sekali. Apa sajakah gejala-gejala yang muncul apabila mengindap penyakit batu ginjal? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

1. Darah dalam urin

Darah dalam urin atau juga bisa disebut dengan istilah hematuria, hematuria adalah gejala batu ginjal paling umum. Munculnya darah berasal dari luka disebabkan oleh nefrolitiasis ketika melewati saluran kencing atau disebut ureter. Penyakit ini menyebabkan luka dan mengiritasi ureter dan biasanya darah ikut keluar saat membuang air kecil.

2. Urin berwarna keruh

Biasanya warna urin pada orang yang normal tidak memiliki kondisi medis tertentu adalah berwarna kuning ataupun bening. Namun, pada pengidap penyakit nefrolitiasis warna urin bisa berwarna keruh dan bahkan bisa sangat bau. Hal ini bisa menjadi tanda infeksi yang berhubungan dengan penyakit ini.

3. Nyeri pada bagian tubuh

Merasakan nyeri pada bagian tubuh paling umum yang terkait pada nefrolitiasis adalah punggung bagian bawah (di kedua sisi), perut bagian bawah dan daerah selangkangan, serta dibawah tulang rusuk sob. Rasa sakit mungkin datang bergelombang. Dan juga kalian mungkin sering mengalami nyeri saat buang air kecil.

4. Mual dan Muntah

Rasa sakit yang diakibatkan batu ginjal mungkin begitu parah sehingga, kalian mungkin juga akan mengalami mual dan muntah. Ketika nefrolitiasis bergerak ke ureter dan menghalangi aliran urin, hal ini menyebabkan rasa sakit yang digambarkan lebih buruk dari pada melahirkan lho sob.

Baca juga : Konsumsilah ini Agar Paru-Paru Tetap Sehat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.