,

Berikut 5 Makanan Indonesia Dikenal Banyak Warga Dunia

oleh -283 views

ZETIZEN RADRA CIREBON – Indonesia kaya akan suku dan budayanya dari sabang hingga merauke. Tentunya setiap suku dan budaya mereka memiliki ciri khas masing-masing, entah dari segi adat istiadat ataupun dari segi kulinernya. Berbicara soal kuliner, beberapa diantara masakan Indonesia masuk kedalam jejeran makanan terenak di dunia lho!. Mau tau? berikut Top 5 Masakan Indonesia yang diakui sebagai makanan terenak  di dunia. (seno)

1. Rendang

Tak disangka kuliner asal mingkabau menduduki kesebelas pada daftar CNN’s World’s 50 Best Foods. Masakan olahan daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan rempah dan santan selama berjam-jam.

Proses merandang yang secara harfiah berarti memasak dalam waktu lama menghasilkan olahan daging dengan bumbu pekat dan berwarna gelap.

Selain populer di berbagai daerah, rendang juga memiliki nilai filosofi penting bagi warga Minangkabau. Karena itulah masakan ini sering dihidangkan di acara-acara penting.

2. Tempe

Jangan Digoreng! Ini Cara Terbaik Konsumsi Tempe Agar Tak Hilangkan Kandungan Gizinya - Tribun Travel

Salah satu olahan fermentasi kacang kedelai yang kamu bisa temui dipasar ini ternyata juga sudah mendunia lho sob!

Contoh di negara sakura Jepang, masyarakat disana membuat tempe sebagai salah satu menu makanan hidangan favorit mereka.

Hal ini berawal dari seseorang yang menjual tempe dalam sebuah bazar kuliner Jepang. Sekali mencoba, siapa sangka mereka langsung menyukainya!

3. Gado-gado

Resep Gado-Gado - Masak Apa Hari Ini?

Gado-gado, disebut-sebut sebagai “saladnya” Indonesia juga cukup populer di luar negeri, terutama di Italia.

Karena gado-gado pernah diikutsertakan dalam kompetisi yang bersaing dengan hidangan dari negara-negara lainnya dan meraih peringkat pertama.

Bosan dengan salad sayur yang dipadukan dengan mayonaise, saatnya mencoba salad asal Indonesia diselimuti saos bumbu kacang begitu gurih dan nikmat!

4. Sate

Melegenda! Resep Sate Ayam Spesial khas Madura - Inspirasi Shopee

Berbagai daerah di Indonesia memiliki jenis sate berbeda-beda. Namun jenis sate yang paling sering dijumpai yakni sate ayam dan sate kambing asal Madura yang menggunakan bumbu kacang dan kecap. Bumbu kacang inilah yang bikin ngiler turis asing saat berkunjung ke Tanah air.

5. Gudeg

8 Nasi Gudeg Enak di Jakarta yang Wajib Kamu Cicipi

Masakan terakhir daerah istimewa Yogyakarta, Gudeg menjadi pilihan jika berkunjung kota tersebut. Makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengasantan ini telah menarik perhatian masyarakat Indonesia, bahkan di kalangan internasional. Pasalnya, banyak negara yang ingin mengimpornya dalam bentuk kalengan.

Hal menarik di Melbourne, Australia, terdapat satu restoran yang telah menyajikan gudeg asli dari Indonesia, tepatnya di Clayton Road, setiap harinya mereka melayani banyak pelanggan.

Lihat juga: Makanan Khas Cirebon yang Wajib Kamu Cicipi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.