Cara Memilih Shea Butter, Jangan Sampai Salah Pilih

oleh -768 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setelah mengetahui apa sama manfaat yang terkandung dalam shea butter, mungkin ada sobat zetizen yang tertarik untuk menggunakan shea butter ini. Namun, menggunakan shea butter janganlah asal pilih. (Nindi)

Source: Makari

Jangan sampai sobat zetizen salah dalam memilih produk shea butter. Karena setiap produk shea butter memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya. Usahakan untuk memilih shea butter yang sesuai dengan kebutuhan sobat. Berikut adalah cara memilih produk shea butter agar tidak salah pilih.

Pilih tipenya, tidak dimurnikan atau dimurnikan

Ada dua jenis produk shea butter yang beredar di pasaran. Dua jenis itu merupakan shea butter yang telah dimurnikan atau refined, dan yang tidak dimurnikan atau unrefined.

Baca Juga: Manfaat Shea Butter Untuk Kecantikan

Refined shea butter adalah produk shea butter yang telah melewati beberapa kali proses pemurnian. Artinya shea butter yang telah diambil kotorannya, sehingga tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit. Jenis shea butter ini juga biasanya memiliki bau yang unik, dan cocok untuk disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Unrefined shea butter adalah produk shea butter yang tidak melalui proses pemurnian terlebih dahulu. Artinya tidak diambil terlebih dahulu kotorannya. Unrefined shea butter dijual dengan bentuk yang paling mendekati bentuk alaminya. Karena belum melewati pemurnian tidak jarang shea butter jenis ini akan memiliki bau yang tidak seragam. Shea butter ini juga masih mengandung banyak zat-zat aktif bermanfaat yang mungkin sama hilang jika dimurnikan terlebih dahulu.

Produk refined atau unrefined shea butter sama-sama sangat bermanfaat dan memiliki keunggulannya masing-masing. Namun bagi sobat zetizen yang memiliki kulit sensitif maka akan lebih aman untuk memilih produk shea butter yang telah dimurnikan.

Berdasarkan Daerah Asalnya

Produk shea butter sangatlah beragam, tergantung dari bahan bakunya juga asal daerah bahan baku tersebut.

Shea butter yang mengandung oleic acid terbuat dari spesies Magnifolia Afrika Barat yang memiliki efek pelembap tinggi. Selain itu, di dalam shea butter ini juga terdapat stearic acid yang mengandung vitamin E dan berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga penggunaan shea butter dari Afrika Barat akan melindungi dan membuat kulit menjadi lebih lembap.

Sedangkan, shea butter dari spesies Nilotica yang dapat ditemukan di Afrika Timur, memiliki kadar stearic acid yang lebih rendah. Sehingga karakteristik shea butter ini lebih lembut dan nyaman saat digunakan pada kulit.

Tidak Mengandung Bahan Aditif

Shea butter alami yang tidak ditambahkan zat apa pun telah sangat aman untuk digunakan. Sayangnya ada pula beberapa produsen yang memproduksi produk berlabelkan shea butter namun hanya mengandung sedikit shea butter untuk bahan bakunya.

Produk yang telah dicampur dengan bahan kimia sintetis tidak akan memberikan efek seperti yang alami. Dan sebisa mungkin pilih produk shea butter yang tidak mengandung pewangi sintetis dan bukan pewangi alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *