Château d’If, Tempat Penahanan Edmond Dantès Dalam Novel The Count of Monte Cristo

oleh -502 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Château d’If merupakan sebuah benteng yang kemudian menjadi penjara, terletak di pulau If, pulau terkecil di kepulauan Frioul yang terletak di Laut Mediterania pantai di Teluk Marseille di tenggara Prancis. Tempat ini dikenal sebagai salah satu latar novel petualangan Alexandre Dumas The Count of Monte Cristo(seno)

Chateau d’If : plan-relief de 1681 (Musee des plans-reliefs, Paris)

Château dibangun pada tahun 1524–31 atas perintah Raja Francis I, yang, selama kunjungannya pada tahun 1516, melihat pulau itu sebagai lokasi strategis penting untuk mempertahankan garis pantai dari serangan berbasis laut.

Karena lokasi yang terisolasi dan arus lepas pantai yang berbahaya di Château d’If menjadikannya penjara anti-pelarian yang ideal, sangat mirip dengan pulau Alcatraz di California belakangan ini.

Alexandre Dumas menggunakannya sebagai latar dalam cerita The Count of Monte Cristo. Dalam novel itu, karakter utama Edmond Dantès  dan mentornya, Abbé Faria, keduanya dipenjara di dalamnya.

Setelah empat belas tahun, Dantès melarikan diri dengan berani dari kastil, menjadi orang pertama yang melakukannya dan bertahan hidup. Pada kenyataannya, tidak ada yang diketahui melakukan ini.

Château d’If modern mempertahankan ruang bawah tanah yang dipahat kasar untuk menghormati Dantès sebagai objek wisata. Penggunaan Château sebagai penjara berhenti pada akhir abad ke-19.

Château d’If terdaftar sebagai monumen bersejarah oleh Kementerian Kebudayaan Prancis.

Mark Twain penah mengunjungi Château pada Juli 1867 selama berlibur. Dia menceritakan dalam bukunya, The Innocents Abroad. Dia mengatakan seorang pemandu membawa rombongannya ke dalam penjara, yang belum dibuka untuk umum, dan di dalam sel, salah satunya disebut sebagai “Topeng Besi”.

Ada tanda di Château yang bertuliskan “Penjara dite de l’Homme au Masque de Fer” ( Penjara Manusia Bertopeng Besi), tapi ini sepertinya hanya legenda sejak Pria terkenal di Topeng Besi tidak pernah diadakan di Château d’If.

Lihat juga: 3 Tempat Terkait Raja Arthur Selain Camelot pada Legenda Arthurian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *