Fakta Kucing Besar yang Banyak Orang Salah

oleh -964 views

ZETIZEN RADAR CIREBON-¬†Apa yang terfikir didalam benak sobat ketika mendengar kata “Kucing Besar”? Pastinya sobat akan mengatakan kucing besar adalah kucing yang memiliki ukuran yang besar seperti singa, harimau, macan, cheetah ataupun yang lainnya. Namun, banyak sekali orang keliru mengenai kucing besar. Istilah kucing besar diambil bukan dari ukuran yang ia miliki melainkan auman yang dapat ia keluarkan. (farhan)

Baca Juga: Hewan Indonesia yang Sudah Masuk Kedalam Daftar Hewan Langka

Kucing yang Masuk Kedalam Kategori Kucing Besar

Source by Leia Noticias

Faktanya tidak semua keluarga Felidae termasuk kedalam kucing besar, hanya yang termasuk kedalam genus Panthera yang dapat disebut kucing besar. Diantaranya Panthera Leo, Panthera Tigris, Panthera Pardus, dan Panthera Onca. Keempat hewan tersebutlah yang termasuk kedalam kucing besar atau kucing yang bisa mengaum. Kemampuan mengaum berasal dari laring dan tulang hyoid yang memanjang dan telah beradaptasi. Ketika air melewati laring dari paru-paru, tulang rawan pada dinding laring bergetar, mengeluarkan bunyi. Singa memiliki laring terpanjang, yang membuatnya memiliki auman yang paling keras. Auman dapat terdengar hingga 8-10 kilometer. Semua lima anggota genus Panthera memiliki hyoid yang memanjang, tetapi perbedaan laring pada macan tutul salju  membuatnya tidak bisa mengaum.

Sejenis Kucing Besar

Dikutip dari Wikipedia, cheetah, macan tutul salju, puma dan lainnya masuk kedalam “Kucing Besar” namun kedalam definisi yang lebih luas lagi. Pastinya sobat bertanya-tanya bukan “apakah benar cheetah, puma dan kucing lainnya yang memiliki ukuran besar seperti keluarga Panthera tidak bisa mengaum?” Yups, faktanya cheetan, puma, macan tutul salju ataupun kucing lainnya yang memiliki ukuran besar layaknya genus Panthera tidak dapat mengaum melainkan mengeluarkan suara yang sangat imut seperti kucing-kucing rumahan pada umumnya.

Baca Juga: Black-Footed Cat, Si Imut yang Mematikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.