Fenomena Langit di Bulan Agustus 2020

oleh -2.209 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Setiap bulannya fenomena-fenomena yang terjadi di langit terus menyapa bumi dan sayang sekali jika dibiarkan begitu saja tanpa melihat keindahannya. Terkadang ada beberapa fenomena langit yang hanya bisa disaksikan puluhan tahun atau bahkah ratusan tahun sekali, seperti Super Blue Blood Moon yang hanya muncul 150 tahun sekali. Walaupun fenomena Super Blue Blood Moon sudah terjadi pada 31 Januari 2018 lalu, fenomena yang dapat sobat saksikan di bulan agustus ini tidak kalah keren dari Super Blue Blood Moon atau fenomena lainnya. Mau tahu apa saja fenomena yang dapat sobat saksikan pada bulan Agustus 2020 ini? Simak Ulasan berikut. (farhan)

Baca Juga: Hewan Pemegang Rekor Dunia

Fase Bulan Purnama – 3 Agustus 2020

Source by Medcom.id

Yang pertama yang dapat sobat saksikan dibulan Agustus adalah Fase Bulan Purnama. Pada fase ini Bulan akan pada sisi berlawanan dengan Bumi dan kemudian permukaan bulan akan tersinari penuh. Fenomena ini akan terjadi pada 22.58 WIB. Orang-orang Algonquin yang tinggal di sepanjang Pantai Atlantik dan pedalaman di sepanjang Sungai St. Lawrence atau di sekitar danau-danau besar menamai fenomena langit ini dengan The Full Sturgeon Moon, karena pada saat itu ikan sturgeon akanĀ  muncul kepermukaan sehingga mudah untuk ditangkap.

Konjungsi Bulan dan Mars – 9 Agustus 2020

Source by Info astronomi

Berikutnya sobat dapat melihat pertemuan antara Bulan dan Mars pada 9 Agustus. Jarak persandingan antara planet merah ini dengan bulan hanya 3 derajat saja dalam pandangan Bumi. Jika sobat melihat dengan mata telanjang Mars akan terlihat seperti bintang merah yang berada di langit. Tetapi jika sobat melihatnya dengan bantuan teleskop, Mars akan bersinar dengan mangnitudo -1,3. Fenomena ini dapat sobat saksikan dilangit timur mulai pukul 00.00 waktu setempat.

Hujan Meteor Perseid – 12 Agustus 2020

Source by IlmuGeografi.com

Selanjutnya ada Hujan Meteor Perseid yang sayang sekali untuk dilewatkan, karena Hujan Meteor Perseid hanya terjadi 1 kali disetiap tahunnya. Dikutip dari InfoAstronomi.org Perseid merupakan fenomena hujan meteor terbaik setiap tahunnya dibandik hujan meteor lainnya. Tetapi untuk tahun ini kenampakan Perseid berkurang karena puncak hujan meteor tersebut terjadi bertepatan dengan fase bulan separuh. Walaupun kenampakannya berkurang sobat masih dapat melihatnya pada pukul 03.00 di langit Timur.

Konjungsi Bulan dan Venus – 15 Agustus 2020

Source by detiknews

Ada kabar baik nih sob untuk kamu yang sering bangun pagi untuk sholat subuh. Pada 15 Agustus 2020 nanti sobat dapat menyaksikan Konjungsi Bulan dengan Venus. Sobat dapat menikmati fenomena langit tersebut sembari menunggu adzan subuh tiba yaitu pada pukul 04.00 dini hari. Jarak Keduanya pun bisa terbilang cukup dekat yaitu 4 derajat saja.

FormasiĀ  Segitiga Bulan, Jupiter dan Saturnus – 29 Agustus 2020

Source by Republika

Lelah dengan aktivitas sehari-hari kemudian ingin bersantai sembari menatap keindahan? Pada 29 Agustus 2020 sobat dapat beristirahat dibawah langit malam semabri menikmati keindahan langit malam. Karena pada hari tersebut ada sebuah fenomena yang tidak kalah indah dari sebelumnya. Fenomena tersebut dinamakan formasi segitaga antara Bulan, Jupiter dan juga Saturnus. Sobat dapat mulai menikmatinya pada pukul 06.30 sore.

Hujan Meteor Aurigid – 31 Agustus 2020

Source by MSN.com

Kalau tadi ada Hujan Meteor Perseid yang terjadi pada 12 Agustus 2020, di akhir bulan ini sobat dapat menyaksikan hujan meteor lagi. Aurigid berasal dar puing-puing yang ditinggalkan oleh Komet C/1911 N1 (Kiess). Sobat dapat menikmati fenomena ini pada pukul 04.00 dini hari di rasi bintang Auriga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.