Inilah Cara Mencegah Penyakit Varises

oleh -328 views
Source by Halodoc

ZETIZEN RADAR CIREBON – Varises merupakan kondisi pelebaran dan pembengkakan pada pembuluh darah vena akibat lemahnya katup vena. Kondisi ini sering dialami oleh banyak orang, terutama pada wanita, orang dengan obesitas, dan orang yang sering berdiri dalam waktu lama. (Fajar)

Pada umumnya, penyakit yang terjadi akibat pembengkakan pembuluh vena ini, muncul di permukaan kulit pada bagian kaki. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau penyakit ini juga dapat terlihat di anggota tubuh lainnya.

Berikut ini adalah cara pencegahan yang bisa kalian terapkan di kehidupan sehari-hari.

1. Hindarilah duduk atau berdiri dalam waktu yang lama

Posisi duduk atau berdiri yang dilakukan dalam kurun waktu yang lama juga bisa menyebabkan varises. Hal tersebut terjadi karena kedua posisi tersebut dapat mempersulit sirkulasi darah di kaki, sehingga tekanan pada pembuluh darah pun meningkat.

Kondisi tersebut menyebabkan darah menggumpal mulai dari pergelangan kaki hingga betis dan membuatnya bengkak serta lebih pegal. Oleh karena itu, istirahatkan kaki dengan meluruskannya atau sekedar menggerak-gerakan kaki, agar dapat memperlancar pembuluh darah.

2. Mengubah pola makan

Garam atau makanan yang mengandung sodium menyebabkan tubuh menahan air. Jadi, dengan mengurangi makanan asin dan gurih bisa meminimalisasi situasi tersebut. Mulai saat ini, gantilah dengan zat kalium karena dapat membantu mengurangi retensi air di dalam tubuh.

Orang dengan berat badan yang berlebih, memiliki kecenderungan untuk terkena varises lebih cepat dan tinggi. Alangkah baiknya jika mulai mengubah pola makan menjadi lebih sehat, sehingga cara ini dapat mencegah timbulnya varises di tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.