Inilah Cara Mengatasi Lidah Melepuh!

oleh -848 views
Source by Tirto.id

ZETIZEN RADAR CIREBON – Secangkir kopi atau teh yang masih panas mengepul terkadang terlalu panas bisa menyebabkan lidah melepuh saat kita menyeruputnya. Mengonsumsi makanan yang masih dalam keadaan terlalu panas juga bisa menyebabkan lecet atau luka di lidah.

Kondisi tersebut bisa membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyembuhkannya. Kalau sudah seperti itu biasanya kita akan merasakan ada yang mengganjal. Saat makan pun rasanya tidak enak di lidah. (Fajar)

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi kondisi lidah terbakar atau melepuh.

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam juga dapat mengurangi rasa nyeri pada lidah panas. Kalian bisa menyiapkan satu gelas air dingin, lalu tambahkan satu sendok teh garam ke dalamnya. Kemudian, aduk secara merata. Tambahkan satu sendok garam ke dalam segelas air dingin.

Berkumurlah kira-kira selama 30 detik. Jika memungkinkan, biarkan butiran garam tersebut melapisi lidah kalian. Selain meredakan rasa nyeri, garam juga dapat membersihkan lecet-lecet pada lidah dan mempercepat proses penyembuhan.

2. Gunakan madu dan gula

Pertolongan pertama mengatasi lidah terbakar lainnya adalah menggunakan bahan alami, seperti madu dan gula. Melapisi permukaan lidah dengan sesendok madu dan taburan gula dapat membantu meringankan rasa yang terbakar dan panas di lidah.

3. Memberikan sesuatu yang dingin

Es batu yang diletakkan di atas lidah terbakar dapat meringankan sensasi lidah panas dan terbakar. Selain es batu, kalian bisa mengonsumsi makanan atau minuman dingin lainnya, seperti air minum dingin, es krim, atau frozen yogurt.

Kemudian, kalian bisa mendiamkan makanan dingin tersebut selama beberapa menit untuk meredakan rasa nyeri dan bengkak yang terjadi pada lidah yang terbakar.

4. Biji ketumbar

Biji ketumbar memiliki sifat antiperadangan dan antiseptik, yang bisa menyembuhkan lidah melepuh lebih cepat.

Caranya adalah rebus satu sendok teh biji ketumbar dengan secangkir air,
saring larutannya dan bilas mulut kalian dengan air rebusan ketumbar, lakukan cara ini 4 kali dalam sehari.

5. Lidah buaya

Kandungan gel dari lidah buaya berfungsi untuk menenangkan dan mengobati iritasi pada lidah. Oleskan air dari lidah buaya pada permukaan lidah yang melepuh menggunakan cotton bud untuk membantu mempercepat proses pemulihannya.

Baca juga : Inilah Obat Alami yang Dapat Meredakan Rasa Sakit Tenggorokan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.