Inilah Ciri-Ciri Makanan yang Sudah Tidak Layak Dimakan

oleh -1.650 views
Source by Kumparan.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Saat membeli makanan terkadang orang tidak memperhatikan kapan makanan tersebut masih layak dikonsumsi atau memperhatikan tanggal kedaluwarsanya.
meskipun kalian sudah memperhatikan waktu kadaluarsa hidangan tersebut.

Namun sering juga terlupa bahwa makanan tersebut sudah tidak layak dikonsumsi karena terlalu lama disimpan. Kondisinya masih bagus, tidak ada aroma aneh yang tercium dan tidak tampak jamur di permukaannya. (Fajar)

Hmm, aman nggak ya makanan ini dikonsumsi lagi? Sebelum memutuskan untuk memakannya, kalian wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Perubahan tampilan

Jika kalian melihat adanya bercak kehijauan atau kebiruan di roti, segera buang. Perubahan tekstur juga menjadi tanda makanan sudah tak layak dikonsumsi, misalnya susu yang berubah jadi kental.

Hal lain yang patut diperhatikan adalah kemasan yang berubah bentuk, misalnya kaleng penyok atau kantong yang kempes.

2. Rasa

Buah dan sayuran memang enak saat dikonsumsi mentah, sama seperti daging yang diolah dengan cara dibakar tapi dengan tingkat kematangan setengah matang.

Kalian pun harus berhati-hati karena tidak semua olahan masakan yang masih mentah bagus untuk badan karena masih mengandung bakteri yang belum hancur selama proses memasak.

3. Munculnya lendir

Tidak semua makanan basi akan memunculkan lendir. Biasanya, hidangan yang bisa mengeluarkan lendir dalam keadaan basi adalah makanan yang bersantan, seperti gulai ayam, kare dan opor ayam.

Kandungan santan inilah yang menyebabkan hidangan mudah basi dan mengeluarkan lendir ketika basi. Untuk itu, jauhi hidangan yang berlendir karena itu akan berbahaya untuk kesehatan tubuh.

4. Aroma

Muncul bau tidak sedap dari makanan.
Hidangan yang masih segar atau baru akan menimbulkan bau yang khas dan sedap. Berbeda jika hidangan itu sudah lama tidak dimakan.

Bayangkan saja saat kalian membiarkan suatu hidangan dalam waktu tertentu maka lama-lama akan mengeluarkan bau tidak sedap atau bau busuk. Biasanya bau yang muncul cukup menyengat sehingga, kalian bisa segera tau apakah hidangan itu basi atau tidak.

5. Muncul jamur

Pada umumnya, jamur yang muncul pada makanan basi berwarna hitam atau merah. Ukurannya pun sangat kecil. Munculnya jamur dikarenakan adanya sisa metabolisme bakteri pada hidangan.

Saat kalian melihat adanya jamur dalam hidangan maka hindarilah hidangan tersebut. Hidangan yang sering terdapat jamur saat basi adalah kue, roti, dan lain sebagainya.

Baca juga : Inilah Gejala yang Terjadi Jika Keracunan Makanan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.