,

Inilah Faedah yang Bisa Kalian Ambil Dari Melamun

oleh -375 views
Source by Idntimes

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hampir semua orang pernah melamun, mengkhayal, bengong bukan? Bisa jadi karena pikiran yang kosong, atau ia berharap terhadap sesuatu. Ekspetasi tersebut terkadang membuat senang, takut, sedih, ataupun berbagai emosi lainnya. (Fajar)

Banyak studi yang menunjukkan bahwa ternyata kita menghabiskan sekitar 30-50% waktu terjaga kita untuk melamun. Waktu yang panjang sekali, bukan? Mengkhayal sering kali dianggap sebagai kegiatan yang kurang bermanfaat.

Sejumlah penelitian terbaru menunjukkan bahwa aktivitas mengkhayal memiliki manfaat yang besar lho. Dengan bengong seseorang bisa mendapatkan manfaat dari kesehatan hingga kekuatan mental. Berikut penjelasan manfaat dari melamun yang perlu kalian ketahui.

1. Meningkatkan daya ingat

Orang yang memiliki kecenderungan melamun dan membiarkan pikiran mereka berkelana memiliki otak yang lebih aktif dan kemampuan mengingat informasi yang lebih tinggi.

Para peneliti menemukan bahwa, orang yang bengong selama mengerjakan tugas-tugas lebih cenderung dapat mengingat informasi, bahkan ketika dalam keadaan terganggu, mereka menunjukkan tingkat memori kerja yang lebih tinggi lho sob.

2. Menyelesaikan masalah dengan baik

Para peneliti menunjukkan bahwa mengkhayal dapat menyelesaikan masalah. MelaluiĀ pemindaian MRI, para peneliti menemukan bahwa aktivitas di area penyelesaian masalah otak yang komplek sangat aktif selama melamun.

3. Meningkatkan kreatifitas

Berbeda dengan kehidupan nyata, tidak ada batasan yang akan kalian temukan saat sedang melamun. kalian dapat memikirkan berbagai macam hal dengan segala kemungkinan yang dapat terjadi.

Inilah yang membuat seseorang semakin kreatif dan sering menemukan ide-ide baru saat sedang bengong.

4. Meningkatkan IQ

Selain meningkatkan kreativitas, bengong juga merupakan kegiatan meningkatkan IQ lho. Pasalnya melamun dapat meningkatkan otak beristirahat.

Saat mengkhayal dan berimajinasi tentang hal-hal yang kreatif dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan komunikasi.

5. Melatih otak

Seseorang yang sedang melamun terkadang terlihat seperti pikirannya sedang kosong, padahal hal tersebut tidak seperti yang terlihat. Ketika mengkhayal, beberapa fungsi otak terlibat atau bahkan bekerja lebih keras.

Membayangkan masa lalu atau masa depan adalah bentuk pemikiran yang sangat kompleks. Pada dasarnya cara bengong dan berpikir seseorang dipengaruhi oleh perubahan struktur fisik otak yang merupakan respons dari input lingkungan yang masuk ke otak.

Baca juga : Kebiasaan Ini Dapat Merusak Kinerja Otak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.