Inilah Obat Alami yang Bisa Mengatasi Kaki Kering

oleh -367 views
Source by Fajar.co.id

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebelum menjelaskan mengenai obat kaki kering atau pecah pecah, perlu diketahui bahwa kaki pecah pecah merupakan hasil dari kulit kering dan kulit yang menebal. Selain menimbulkan warna kuning atau cokelat di tepi tumit, kondisi yang tidak tertangani dengan baik bisa menimbulkan infeksi. (Fajar)

Pada umumnya, penyebab kaki pecah pecah bisa terjadi karena kurangnya perawatan atau terpapar bahan kimia tertentu. Dalam dunia medis, kaki pecah pecah ini umumnya memiliki kaitan dengan kapalan.

Namun jika terlanjur mengalaminya, kalian tidak perlu risau. Ada beberapa cara mengatasi kaki pecah-pecah yang sederhana dan mudah dilakukan. Apa saja cara mengatasi kaki pecah-pecah yang dimaksud? Mari simak penjelasan berikut.

1. Oleskan pelembab secara rutin

Kaki yang kulitnya pecah-pecah perlu rutin diolesi pelembap. Ada beberapa jenis dan kandungan pelembap yang bisa digunakan, seperti minyak mineral, gliserin, dan urea. Salah satu jenis pelembap yang baik digunakan untuk kaki pecah-pecah adalah petroleum jelly.

Pelembap bisa digunakan pada pagi dan malam hari. Oleskan pelembap pada kulit kaki yang bermasalah, lalu kenakan kaus kaki yang nyaman agar pelembap dapat terserap lebih baik. Pelembap ini akan memperbaiki kulit yang rusak dan menjaga kelembapan kulit, sehingga kaki yang pecah-pecah dapat pulih.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa sering direkomendasikan untuk kulit kering, eksem, dan psoriasis. Minyak ini dapat membantu kulit mempertahankan kelembapannya. Kalian bisa menggunakan minyak kelapa setelah merendam kaki.

Sifat antiinflamasi dan antimikroba dari minyak kelapa dapat mencegah pendarahan atau infeksi akibat luka karena tumit pecah-pecah.

Baca juga : Inilah Cara Alami Mengatasi Kepedasan Setelah Makan Cabai

3. Madu

Selain obat medis, obat kaki pecah pecah alami yang bisa digunakan adalah madu. Menurut penelitian, madu memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu dapat menyembuhkan dan membersihkan luka dan melembapkan kulit.

Kalian bisa menggunakan madu sebagai lulur kaki setelah berendam, atau mengaplikasikannya sebagai masker kaki sebelum tidur.

4. Gunakan sabun yang lembut

Agar kondisi kulit kaki yang rusak cepat membaik, sangat penting untuk menjaga bagian kaki yang pecah-pecah tetap bersih. Namun hati-hati, membersihkan kaki menggunakan sabun yang berbahan kimia keras atau bersifat iritatif justru dapat membuat kulit terlalu kering.

Oleh karena itu, pilihlah sabun yang bahannya lembut, sehingga tidak menyebabkan iritasi dan tidak menghilangkan kelembapan pada kaki kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.