Jenis-Jenis Sepeda Motor di Dunia (PART 1)

oleh -455 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sepeda motor merupakan sebuah kendaraan beroda dua yang digerakan oleh mesin. Dikutip dari laman Wikipedia, Sepeda motor merupakan pengembangan dari sepeda konvensional yang lebih dahulu ditemukan. Pada tahun 1868, Michaux ex Cie, suatu perusahaan pertama di dunia yang memproduksi jenis-jenis sepeda dalam skala besar, mulai mengembangkan mesin uap sebagai tenaga penggerak sepeda. Lalu dilanjutkan oleh Edward Butler dan sepeda motor mulai banyak sekali dilakukan pemutakhiran. Salah satunya dilakukan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Jerman. Setelah melakukan riset dan pemutakhiran dari tahun ketahun. Pada akhirnya berhasil ditemukan sebuah kendaraan yang dinamakan Reitwagen dan menjadi sepeda motor pertama di dunia.

Di zaman modern ini, ada banyak sekali jenis sepeda motor yang sudah berhasil diproduksi di dunia sesuai kebutuhan. Tak hanya itu, ada beberapa jenis sepeda motor yang sudah memiliki komunitasnya sendiri. Nah, apa aja sih jenis-jenis sepeda motor tersebut? simak artikel berikut ini. (fattah)

 

1. Sport

 

Ducati Panigale, Source : WallpaperAccess

 

Jenis-jenis motor yang pertama ada motor jenis sport. Pada dasarnya motor ini diperuntukan untuk pembalap karena memiliki cc yang tinggi dan desain yang aerodinamis. Ketika sedang melaju, pengendara dan juga motornya tidak menghantam angin yang berlawanan sehingga motor dapat melaju dengan kencang. Rata-rata motor jenis ini memiliki cc sekitar 600 hingga 1000 cc. Namun, seiring berjalannya waktu para produsen yang berkecimpung di dunia sepeda motor mulai merancang dan merilis produk-produk terbarunya dengan cc yang kecil dengan harga yang tentunya jauh lebih murah sehingga dapat dinikmati oleh setiap orang.

 

Baca juga : Honda NSR250R Edisi Rothmans, Lagi Diburu Kolektor Senilai 275 Juta

 

2. Naked

 

Kawasaki Z800, Source : Carpimoto

 

Selanjutnya ada motor berjenis naked atau standar. Ya, motor jenis naked merupakan motor yang berjenis standar secara global. Karena motor ini sangat cocok digunakan untuk digunakan sehari-hari dan dapat digunakan di jalan semi off-road. Berbeda dengan saudaranya, motor jenis ini tidak digunakan untuk bermanuver atau melaju di kecepatan tinggi, namun motor ini memiliki performa dan tenaga yang lebih kuat.

 

3. Cruiser

 

Triumph Thunderbird, Source : Pinterest

Jenis motor selanjutnya adalah cruiser, Tipe cruiser adalah tipe sepeda motor yang memiliki torsi mesin yang besar dan mempunyai kemampuan menarik beban besar. Biasanya motor jenis ini identik dengan mesin 2 silinder, riding position yang santai dan bergaya Chopper. Posisi tangan pengendara lebih tinggi daripada posisi duduk dan posisi kaki yang selonjor ke depan. Jadi sangat cocok untuk kamu yang hobbinya touring.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.