Ketahuilah Penyebab Penyakit Sinusitis

oleh -158 views
Source by Alodokter

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus yang merupakan rongga kecil berisi udara dan terletak pada struktur tulang wajah. Saat terinfeksi, rongga ini terisi lendir dan terjadi pembengkakan selaput lendir, sehingga membuat sumbatan. (Fajar)

Gejala sinusitis ini secara umum memang sangat mirip dengan pilek biasa sehingga banyak orang yang tidak segera menanganinya dengan baik. Padahal kalau terus dibiarkan, sinusitis ini bisa berkembang menjadi penyakit akut yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ketika terjadi pembengkakan parah, maka lendir akan berkumpul di rongga sinus tersebut dan menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada dahi bagian tengah. Tak hanya itu saja, beberapa penderita sinusitis juga mengalami kesulitan bernapas dikarenakan adanya penumpukan cairan.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan penyakit sinusitis. Let’s check this out!

1. Rhinitis alergi

Rhinitis alergi merupakan jenis radang membran hidung ketika bersentuhan dengan allergen. Rhinitis alergi terjadi karena sistem imun melepaskan zat yang melindungi tubuh dari benda-benda asing yang dapat menyebabkan alergi.

Gejala dari rhinitis sendiri mirip dengan sinusitis yaitu meler dan hidung tersumbat. Rhinitis alergi dapat menjadi salah satu faktor pemicu penyakit ini.

2. Infeksi gigi

Kesehatan gigi juga menjadi salah satu faktor yang dapat memicu penyakit sinusitis. Bakteri penyebab infeksi gigi yang bersarang di mulut dapan menyebar ke rongga sinus jika tak segera ditangani.

3. Polip hidung

Polip merupakan daging kecil yang tumbuh disekitar sinus dan hidung. salah satu penyebabnya adalah mukus yang sangat tebal hingga membetuk daging. Polip dapat menghambat saluran sinus dan hidung hingga menyebabkan peradangan.

4. Virus

Virus terutama flu dapat mempengaruhi sistem saluran hidung. Dekatnya hidung dengan salah satu rongga sinus dapat memicu virus berpindah dari hidung ke sinus dan menyebabkan peradangan.

Baca juga : Inilah 4 Bahaya Jika Kalian Sering Tidur Di LantaiĀ 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.