Kota Kecil Dengan Segudang Keunikan

oleh -296 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Pada 1 Muharram kemarin atau tepatnya 20 Agustus 2020, Kota Cirebon menginjak umurnya yang 651 tahun. Walaupun terbilang Kota yang kecil, Kota ini sudah cukup berkembang seiring berjalannya waktu. Dari mulai infrastruktur, tempat wisata dan juga lainnya. Selain mempunyai banyak julukan seperti kota wali, kota udang ataupun yang lainnya, Cirebon memiliki banyak sekali keunikan menarik lho sob. Mau tahu apa saja fakta menarik yang dimiliki Kota Cirebon? Cek this out! (farhan)

Keraton

Source by TravelPromo

Tidak usah diragukan lagi jika Cirebon merupakan Kota yang mempunyai banyak sejarah. Pasalnya di Kota Cirebon terdapat empat Keraton sekaligus. Diantaranya Keraton Kesepuhan yang merupakan cikal bakal terbentuknya keraton lainnya di Cirebon, Keraton Kanoman yang merupakan pecahan dari keraton kesepuhan, Keraton Kacirbonan yang juga pecahan dari keraton kanoman yang saat ini sering sekali dikunjungi banyak wisatawan dan keraton Kaprabonan yang lagi-lagi perpecahan dari Keraton Kacirbonan yang didirikan oleh pangeran dari keraton Kacirbonan yang menolak menjadi penerus Raja.

Tari Sintren

Source by Inibaru.id

Keunikan selanjutnya yaitu Tari sintren, tarian yang didalamnya terdapat unsur mistis namun terselip unsur ke Islamannya merupakan tarian khas dari kota cirebon yang sering dipertunjukan dibeberapa acara. Tarian ini dilakukan dengan memasukkan orang yang memakai pakaian biasa seperti orang pada umumnya kedalam sebuah kurungan yang tidak dibuat oleh sembarang orang dan menggunakan kayu khusus yang kemudian diberi alat-alat khusus dan dibacakan sebuah bacaan oleh seseorang. Ketika kurungan itu di buka maka orang tersebut akan berubah di mana ia akan bertingkah aneh, menari-nari sesuka hati dan jika ia diberi uang maka ia akan pingsan dan akan bangun lagi dengan sendirinya. Makna dari sikap aneh sintren yang ingin dilupakan adalah manusia akan gila harta, berbuat suka suka ketika di dunia bahkan melupakan penciptanya.

Baca Juga: Adolf Hitler dan Sisi Lainnya

Adzan Pitu

Source by Regional Kompas

Azan pitu merupakan tradisi yang turun temurun dilakukan di Cirebon sejak sekitar 600 tahun yang lalu. Pitu yang diambil dari bahasa Jawa yang berarti tujuh yang bermaksud tujuh muadzin yang melantunkan adzan tersebut. Adzan ini dilakukan sebelum dimulainya sholat Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa (Masjid Agung Cirebon) yang konon katanya hanya dibuat dalam kurun waktu semalam pada tahun 1408. Ketujuh pelantun azan ini merupakan pengurus masjid yang dipilih langsung oleh penghulu masjid. Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi pelaku azan pitu. Namun faktanya, kebanyakan dari ketujuh orang muadzin merupakan keturunan dari pelantun azan pitu sebelumnya. Tradisi ini benar-benar hanya ada di Cirebon, tidak ada di tempat lain.

Pasar Sandang

Source by Okezone News

Tidak hanya terkenal dengan adat kebiasaan yang khas, Cirebon pun mempunyai keunikan yang lainnya. For your information, Cirebon mempunyai sebuah pasar sandang yang termasuk kedalam pasar sandang terbesar Se-Asia Tenggara. Pasar ini terletak di Desa Tegal Gubuk, Kecamatan Arjawinangun tepatnya di jalur jalan utama pantura, menghubungkan Jakarta dan Jawa Tengah. Pasar ini memiliki sekitar 6000 orang pedagang yang menjual berbagai macam sandang. Tak heran jika pasar ini kemudian merupakan pasar sandang terbesar se-Asia Tenggara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.