,

Kuliner Khas Cirebon yang Wajib Kamu Cicipi

oleh -526 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Indonesia memiliki banyak sekali budaya yang bermacam-macam. Dimulai dari ujung sabang, hingga ujung merauke memiliki ciri kultur dan budaya khasnya masing-masing. Dari pakaian adat, rumah adat, senjata tradisional, bahasa, mata pencaharian bahkan hingga makanannya pun juga beragam. Ya, masing-masing daerah tentunya memiliki makanan khasnya sendiri. Salah satu jenis makanan yang pertama akan kami bahas adalah makanan khas kota udang, kota Cirebon.

Kota Cirebon, kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini selain memiliki seni budaya nya yang unik dan beragam seperti Sintren, Tari Topeng, Tarling, dan juga batik Mega Mendungnya, Cirebon juga merupakan salah satu contoh kota yang menjadi saksi bisu dalam sejarah penyebaran agama islam di pulau Jawa. Tak hanya itu, Cirebon juga memiliki beragam jenis menu makanan khas yang unik dan lezat. Ingin tau apa saja itu? yuk kita simak artikel berikut ini! (fattah)

 

1. Nasi Jamblang

 

Nasi Jamblang atau orang Cirebon biasa menyebutnya Sega/Sego Jamblang, Source : Phinemo

 

Buat kamu yang sudah pernah mampir ke kota Cirebon pasti tau kan makanan ini? Ya, makanan yang selalu orang ingat ketika sedang memikirkan kota Cirebon, Nasi Jamblang namanya. Keunikan dari kuliner khas kota udang ini terletak pada bungkus atau alas makannya yang berasal dari daun jati, yang membuat aroma dan rasa khas tersendiri pada kuliner yang satu ini.

Tak sedikit orang yang membandingkan nasi jamblang ini dengan nasi kucing khas Yogyakarta, ya memang porsi untuk nasi jamblang bisa dibilang sama dengan porsi nasi kucing dan cara pengambilan serta pembayarannya pun sama seperti nasi kucing yang dimana kita bisa memilih sendiri jenis lauk yang kita inginkan dan sudah memiliki harganya masing-masing. Namun yang membedakan nya selain dari alas makannya yang berbeda, tekstur nasinya pun juga berbeda, kalau nasi kucing biasanya memiliki tekstur nasi yang cukup kering dan untuk nasi jamblang memiliki tekstur yang lebih pulen berkat bungkus nasinya yang berasal dari daun jati.

 

2. Empal Gentong

 

Empal Gentong, Source : DetikFood

 

Kuliner khas Cirebon yang selanjutnya adalah Empal Gentong. Kuliner ini memiliki kemiripan dengan gulai pada umumnya, namun yang menjadi pembeda adalah proses masaknya yang menggunakan gentong atau priuk yang terbuat dari tanah liat sebagai wadah memasaknya, dan kayu bakar sebagai pemanasnya.

Empal Gentong memiliki isian daging, usus, babat, kucai, cabai kering giling (bubuk) dan bumbu-bumbu seperti gulai pada umumnya. Empal Gentong sangat cocok jika ditemani dengan lontong ataupun nasi hangat, apalagi ditambah dengan es teh manis dan disantap pada saat siang hari hmmm…

 

Baca Juga : Jajanan Pasar yang Bikin Kamu Nostalgia Sob!

 

3. Docang

 

Kerupuk merupakan salah satu bahan pelengkap yang wajib ada di Docang, Source : PegiPegi

 

Docang berasal dari kata bodo dan kacang. Bodo disini merupakan sebutan untuk kuah khas kuliner satu ini yang terbuat dari dage atau oncom (ampas tempe yang telah difermentasi) dan dicampur dengan sedikit bungkil (sisa perasan dijadikan minyak) kacang tanah yang dihancurkan lalu direbus bersamaan sehingga menciptakan cita rasa asam dan guring pada kuahnya.

Tak hanya sampai disitu, selain memiliki isisan seperti lontong, toge, kerupuk dan kuah (bodo). Docang juga dilengkapi dengan parutan kelapa yang cukup melimpah dibagian atasnya untuk memberikan cita rasa yang lebih gurih lagi. Biasanya, warga Cirebon menyantap docang untuk makan pagi atau sarapan.

 

4. Tahu Gejrot

 

Kata gejrot berasal dari proses pembuatan bumbu dan tahunya yang ditumbuk atau digejrot, Source : iNews

 

Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabai, bawang putih, bawang merah, dan gula merah. Biasanya disajikan dengan tempat yang bernama layah (cobek) yang berukuran kecil.

Kuliner jenis ini biasanya disantap sebagai kudapan (snack). Karena rasanya yang unik, kuliner ini banyak digemari oleh kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Kudapan ini sangat cocok untuk disantap saat siang dan sore hari.

 

Sebenarnya masih adalagi kuliner-kuliner khas kota udang ini, seperti Mie Koclok, Nasi Lengko, Empal Asem dll. Jadi buat kalian yang penasaran dan ingin mencicipi semua kuliner khas Cirebon, ayo segera mampir kesini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.