MAUNG : Kendaraan Taktis Ringan Buatan Indonesia

oleh -740 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di Asia. Sudah menjadi kewajiban Indonesia untuk memiliki Alutsista yang kuat dari darat, laut, dan udara demi mempertahankan kedaulatan NKRI. Sudah banyak negara-negara yang menjadi rekan bisnis Indonesia untuk transaksi jual beli Alutsista. Disamping itu, Indonesia juga memliki pabrik pembuatan Alutsistanya sendiri, salah 1 perusahaan pembuatan senjata terbesar milik Indonesia adalah PT. Pindad (Persero) yang bepusat di Bandung, Jawa Barat. Salah satu produk kebanggaan PT. Pindad adalah kendaraan berjenis APC yang dinamakan Anoa, dan baru-baru ini Pindad sudah mengeluarkan prototype kendaraan taktis ringan yang akan diberi nama Maung. Penasaran? Yuk simak artikel berikut! (fattah)

 

Rantis Maung, Source : Kompas.com

 

Asal Mula Nama “Maung”

Nama maung sendiri bukan dipilih dengan sembarangan. Maung berasal dari bahasa Sunda yang berarti harimau, yang mencerminkan sosok yang gesit, lincah serta garang. Dilansir dari Liputan6.com, direktur utama PT. Pindad bapak Abraham Mose menjelaskan bahwa pihaknya memilih nama Maung untuk menggambarkan sebuah kendaraan yang lincah serta gesit. Kebetulan Maung sendiri lahir di Tanah Sunda, tepatnya Bandung, Jawa Barat. “Iya, karena maung sama dengan harimau yang cocok untuk manuver kendaraan ini. Kebetulan lahir dari Pindad yang ada di Bandung, Jawa Barat,” kata Abraham Mose.

 

Spesifikasi

Menurut Abraham, berkat kapasitas mesin yang mencapai 2.400 cc, Maung telah teruji kelincahannya. Maung juga memiliki kecepatan maksimum sebesar 120 km/jam, bertransmisi manual 6 kecepatan, berpenggerak 4×4 dan mampu menempuh jarak sebanyak 800 km.

Dari segi pemakaian bensin, mobil ini memliki tanki bahan bakar solar sebesar 80 liter dan memiliki mesin turbo diesel sebanyak 4 silinder DOHC. Mampu mengangkut personel sebanyak 4 orang di dalam kabin serta memiliki radius putar sebesar 13,7 meter.

Namanya juga kendaraan militer, tentunya Maung sudah dibekali dengan berbagai macam perlengkapan untuk berperang terutama perang jarak dekat. Maung telah dilengkapi dengan braket senjata berkaliber 7,62 milimeter, konsol senapan serbu SS2-V4, blackout lamp, jirigen bahan bakar cadangan sebesar 2×20 liter, dan juga gps.

 

Untuk Indonesia

Kedatangan Maung ini rupanya disambut hangat oleh Mentri Pertahanan Negara, bapak Prabowo Subianto. Beliau telah memesan sebanyak 500 unit Maung sebagai bentuk apresiasi dan untuk memperkuat Alutsista yang ada di NKRI.

 

Menhan Prabowo jinakan Maung, Source : Kompas.com

 

Baca juga : Daftar Mobil Mewah yang Dimiliki Polisi Dubai

 

Mobil Militer yang Diperbolehkan Untuk Sipil

Kabarnya, Maung akan bisa dimiliki oleh non militer atau warga sipil setelah menyelesaikan proses pengerjaan untuk versi militernya saat ini.

Tentunya Maung untuk sipil akan berbeda dengan versi militer. Versi untuk sipil akan dibuat lebih nyaman dari segi interiornya, dan yang versi sipil pun tentunya tidak akan dilengkapi dengan peralatan-peralatan perang seperti di versi militernya. Namun dari segi ketahanan serta kaki-kakinya dijamin sama seperti versi militernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.