Mungkin Ini Alasan Seseorang Tidak Mau Menikah

oleh -205 views
Source by SehatQ

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada umumnya, seseorang mempunyai phobia yang cukup ringan seperti phobia kepada beberapa bintang atau serangga, phobia ketinggian ataupun yang lainnya. Tapi tahukah kamu, bahwa ada phobia yang cukup ekstrim yang dapat membuat pengidapnya takut untuk menjalin hubungan yang lebih serius seperti menikah? Namanya ialah gamophobia. Gamophobia merupakan ketakutan seseorang untuk berkomitmen untuk menjalin hubungan yang lebih serius. Kata gamophobia berasal dari bahasa Yunani yaitu gamos yang berarti perkawinan dan phabos yang berarti ketakutan. (farhan)

Phobia ini hampir sama dengan philophobia, yaitu ketakutan akan jatuh cinta. Walaupun memiliki kesamaan dibidang percintaan, kedua phobia ini cukup berbeda. Jika philophobia memikirkan tentang jatuh cinta saja, efek untuk pengidapnya akan mulai berdampak berbeda dengan gamophobia yang akan takut jika ia disuruh untuk berkomitmen untuk menempuh hubungan lebih jauh atau menikah dengan pasangan. Moshe Ratson, seorang konsultan pernikahan dan keluarga di New York menjelaskan bagi seorang pengidap gamophobia komitmen adalah beban dan keputusan yang sangat beresiko tinggi untuk keberlangsungan hidupnya.

Baca Juga: Ketahui Dahulu Tanda Ia Tidak Tertarik Padamu

Ciri-ciri dan Penyebab

Ciri orang pengidap phobia ini adalah merasa diteror mengenai pemikiran tentang pernikahan. Seperti menghindari topik tentang pernikahan, dan lebih memilih hubungan tanpa status dibanding hubungan jelas seperti pacaran. Tidak sedikit penyebab seseorang mengidap phobia tersebut diantaranya trauma akan kegagalan hubungan. Contohnya ialah pengalaman masa kecil yaitu melihat atau mengalami langsung kekerasan secara mental ataupun fisik, mengganggap bahwa pernikahan hanya akan menimbulkan masalah baru, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Gamophobia

Setiap phobia pastinya mempunyai jalan keluar bagi si pengidap untuk sembuh dari phobia tersebut. Dengan bantuan psikiater ataupun psikolog, seorang pengidap dapat sembuh dari phobia tersebut. Selain itu juga, sang pengidap dapat melakukan beberapa perawatan. Seperti terapi, hipnoterapi, konseling, dan mengonsumsi beberapa obat untuk mengurangi gejala fisik yang dikeluarkan oleh si pengidap.

Baca juga: Tips Kencan Pertama Agar Dia Tidak Ilfil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.