Perjuangan Cinta Psikhe Untuk Cupid

oleh -478 views
Source: Qureta

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jika kita bicara soal kisah cinta maka belum lengkap jika tidak membahas kisah cinta Cupid itu sendiri. (Nindi)

Eros adalah sang dewa cinta yang juga dikenal sebagai Cupid. Eros selalu membawa panah cintanya yang dapat membuat semua makhluk mencintai makhluk lain jika dia menembakan-nya Panahnya pula yang membuat Hades sang raja dunia bawah jatuh cinta pada Persephone.

Baca Juga: Achilles, Pahlawan Yunani Dalam Legenda Perang Troya

Sedangkan Psikhe dalam mitologi Yunani kuno dikenal sebagai putri bungsu suatu kerajaan yang sangat cantik, bahkan menyaingi sang dewi kecantikan Afrodit. Afrodit menjadi marah karena merasa tersaingi. Lalu sang dewi kecantikan itupun memerintahkan anaknya, Eros atau Cupid untuk membuat Psikhe jatuh cinta pada lelaki paling buruk rupa.

Namun saat akan memanah Psikhe Eros tergores oleh panahnya sendiri dan membuatnya jatuh cinta pada Psikhe.  Mengetahui hal ini Afrodit pun marah dan mengutuk Psikhe agar tidak ada yang melamarnya. Kutukan itupun menjadi nyata, hingga dewasa tidak ada seorang pria yang datang melamar Psikhe.

Menikah dengan Cupid

Eros membuat Oracle mengatakan bahwa Psikhe hanya dapat menikah dengan makhluk yang tinggal di gunung. Orang tuanya yang mengira Psikhe harus menikah dengan monster menjadi khawatir. Psikhe yang berhasil meyakinkan orang tuanya pun pergi ke gunung tersebut.

Saat sampai di gunung tersebut Psikhe dijemput oleh Zefiros, sang dewa angin barat menuju suatu tempat. Psikhe sampai di suatu tempat yang memiliki pemandangan yang amat indah.

Namun jika malam tiba tempat tersebut akan menjadi gelap gulita, dan pada saat itulah suaminya datang. Setiap pagi datang maka suaminya akan pergi, oleh karena itu Psikhe belum pernah melihat wajah suaminya. Namun Psikhe merasa bahagia dengan kehidupannya ini.

Suatu hari Psikhe meminta suaminya menampakan diri saat siang hari, namun Eros mengatakan bahwa jika Psikhe melihatnya maka saat itulah kebahagiaannya berakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *