5 Fakta Unik Samoyed yang Perlu Kamu Ketahui

oleh -28 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Samoyed adalah salah satu dari 14 anjing ras termurni dunia. Bulunya tebal, berwarna putih, dengan wajah khas yang mirip dengan serigala. Bentuk tubuhnya tegak sempurna, dengan ekor yang melengkung ke arah punggungnya.

Nama Samoyed diambil dari nama bangsa yang hidup di Siberia, yang salah satu sukunya Nenet membiakkan anjing ini untuk membantu kehidupan sehari-hari mereka. Tempat tinggal mereka yang dingin di Siberia tidak menjadi masalah berkat bulu yang sangat tebal. (fattah)

Berikut adalah 5 fakta unik Samoyed yang harus kamu ketahui. Check this out!

 

Sangat Periang dan Ramah

 

Sama halnya seperti Husky dan juga Retriever. Samoyed juga memiliki sifat yang sangat ramah dan juga periang. Ia sangat menyukai orang-orang yang ingin mengajaknya bermain. Oleh karena itu, anjing ini juga tidak cocok untuk menjadi anjing penjaga.

Namun, tentu saja kepribadian anjing bisa berubah, tergantung keadaan, lingkungan dan siapa orang yang memeliharanya. Samoyed yang periang dan ramah bisa berubah menjadi pemalu, malas dan agresif akibat terabaikan dan mendapat perlakuan buruk.

 

Memiliki Julukan Anjing Tersenyum (Smiley Dog)

 

Saking ramahnya, Samoyed juga memiliki julukan sebagai Anjing Tersenyum (The Smiley Dog) karena paras wajahnya yang seakan-akan membuatnya terlihat tersenyum tiap saat.

Tak hanya itu saja, ketika ia tersenyum, matanya akan terlihat bersinar ramah serta telinga menjadi tegak menandakan kewaspadaan dan kecerdasan. Tak heran apabila Samoyed sering orang jadikan sebagai anjing kesayangan keluarga.

 

Ketika sudah waktunya, bulu-bulu samoyed akan rontok layaknya anjing-anjing berbulu lebat yang lainnya, Image Source : Pinterest

 

Bulu Samoyed yang Sangat Lebat Layaknya Sebuah Mantel Mahal

 

Karena berasal dari Siberia, anjing Samoyed memiliki fisik yang bisa beradaptasi dengan lingkungan yang dingin. Ia memiliki mantel ganda yang padat dan tebal. Lapisan atas berisi rambut yang panjang, kasar, lurus dan berwarna putih. Lapisan atas menjaga lapisan bawah supaya tetap bersih dan bebas dari kotoran.

Sementara, lapisan bawah terdiri dari bulu yang lebat, lembut dan pendek yang akan menjaganya supaya tetap hangat. Sang jantan biasanya memiliki bulu yang lebih tebal dari sang betina. Semua ini menjaganya tetap hangat walau tinggal dalam kondisi lingkungan yang ekstrem sekalipun.

 

Baca Juga : Jenis Anjing yang Mirip dengan Serigala

 

Penyakit Turun Temurun Samoyed

 

Kamu perlu menjaga kondisi kesehatan anjing Samoyed, sebab ras ini memiliki penyakit yang diturunkan secara genetik. Penyakit ini dikenal sebagai glomerulopati herediter yang merupakan penyakit ginjal. Penyebab dari penyakit ini adalah adanya cacat pada struktur fibril kolagen tipe IV dari membran dasar glomerulus.

Samoyed jantan yang terkena akan tampak sehat dalam tiga bulan awal kehidupan, tetapi gejala bisa muncul setelahnya dan jadi memburuk. Samoyed kecil akan menjadi lesu. Jika tidak tertangani dengan baik maka akan menjadi gagal ginjal progresif. Kematian akibat gagal ginjal biasanya terjadi pada usia 15 bulan.

 

Sangat Aktif dan Memerlukan Olahraga Setiap Hari

 

Samoyed adalah anjing yang ekstrovert. Ia sangat menyukai jika mereka berada pada sekeliling manusia, sangat aktif dan memiliki energi tinggi. Anjing ini akan sangat menikmati ketika kita latih dan ajak berolahraga. Jika kita biarkan sendiri, Ia akan menjadi anjing yang pemalas dan membuatnya menjadi obesitas.

Saking aktifnya, terkadang bila kita biarkan, maka ia akan mencari aktivitas sendiri yang menurutnya menyenangkan. Seperti bermain dengan anak-anak, berlarian di halaman belakang atau bahkan menggali tanah. Sifatnya yang terakhir bisa kita bilang mengganggu dan harus terbiasa untuk berhenti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *