Ini Dia, 8 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Baru!

oleh -764 views
8 Aplikasi yang Harus Mahasiswa Baru Miliki

ZETIZEN RADAR CIREBON- Sebagai mahasiswa baru, kamu sudah seharusnya mempersiapkan segala hal untuk perkuliahan, seperti kostum, buku, dan alat tulis. Ponsel yang kamu miliki saat ini bisa menjadi alat untuk mempermudah kamu dalam menjalani perkuliahan. Kegiatan mencatat, membaca, mengerjakan tugas pun bisa kamu lakukan hanya melalui ponsel dengan aplikasi yang tersedia.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk kuliah, tapi Zetizen Cirebon sudah merangkumnya khusus untuk kamu. Berikut ini adalah 8 aplikasi yang wajib kamu miliki sebagai mahasiswa baru. Check this out! (arfan)

 

1. Google Keep

Aplikasi Google Keep
Google Keep bantu kamu dalam menyimpan catatan-catatan penting. Source: PCMag.com

Aplikasi pertama untuk menunjang perkuliahan kamu adalah Google Keep. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencatat hal-hal penting seperti ringkasan perkuliahan ataupun proyek dalam organisasimu. Ada banyak fitur di dalamnya, seperti pengingat, membuat checklist, melabeli setiap catatan, menggambar, merekam, dan menambahkan gambar.

Setiap aplikasi buatan Google akan selalu tersingkron dengan akun Gmail. Jadi kamu nggak perlu khawatir akan kehilangan catatanmu saat ponselmu rusak atau hilang karena Google Keep sudah menyingkronkan dan mem-backup ke akun Google-mu secara otomatis.

 

2. KBBI V

Aplikasi KBBI V
Aplikasi KBB V bantu kamu mempelajari penulisan kata dalam Ejaan Bahasa Indonesia. Source: Kompasiana.com

Jika dirasa mencari arti kata dalam buku KBBI amat menyulitkan, mungkin aplikasi KBBI V bisa jadi solusi. Aplikasi persembahan Kemendikbud ini bermanfaat untuk mencari arti atau penulisan kata yang benar secara mudah. Selain itu kamu bisa melihat kata mana saja yang termasuk ke dalam kategori Bahasa, Bidang, Kelas kata, Ragam, dan Jenis.

Wah, KBBI V ini wajib kamu download karena saat perkuliahan nanti pasti bergelut dengan penulisan, entah itu laporan, makalah, ataupun skripsi. Biar nantinya kamu nggak terlalu banyak revisian karena salah penggunaan atau penulisan kata.

 

3. iPusnas

iPusnas
Aplikasi iPusnas dapat kamu unduh melalui Play Store dan Apps Store. Source: Nextren.com

iPusnas merupakan aplikasi persembahan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk meningkatkan minat baca warga Indonesia. Aplikasi ini cocok banget buat kamu yang suka baca tapi malas meminjam buku ke perpustakaan. Selain itu aplikasi ini juga bisa untuk mencari referensi bahan laporan dan skripsi kamu nantinya.

Saat meminjam e-book, kamu akan diberikan waktu meminjam, bergantung dari jenis dan judul bukunya. Bila sudah tiba waktu untuk mengembalikan, e-book yang kamu pinjam otomatis akan hilang dari daftar pinjamanmu. Jadi nggak perlu takut didenda karena telat mengembalikan, ya.

Baca juga: 5 Tips Beli Laptop Bekas Supaya Kamu Nggak Nyesel!

4. U-Dictionary

U-Dictionary
Kamu dapat menerjemahkan kata atau kalimat menggunakan U-Dictionary . Source: Google Play

Cara kerja U-Dictionary hampir sama dengan Google Translate. Bedanya aplikasi ini mempunyai banyak fitur unggulan, seperti foto dan rekam suara untuk menerjemahkan, serta perbaikan tata bahasa dalam kalimat/paragraf. Selain itu aplikasi ini juga bisa kamu gunakan secara offline lho.

Jadi kamu bisa menerjemahkan bahasa asing tanpa khawatir koneksi internet yang mengganggu. Fitur foto untuk terjemah juga membantumu untuk menerjemah tanpa harus mengetik. U-Dictionary memang sangat membantu mahasiswa, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *