Bukan Aib! Justru Gap Year Punya Banyak Manfaat

oleh -128 views
Source by Republika

ZETIZEN RADAR CIREBON – Ketika lulus dari sekolah, pastinya kamu sudah berangan-angan tentang universitas tujuanmu untuk melanjutkan studi. Membayangkan semua planning masa depanmu yang berjalan mulus memang indah, namun saat rencanamu tidak berjalan dengan mulus nggak ada salahnya kamu untuk memilih gap year.

Sebelumnya, kamu sudah tahu ‘kan apa itu Gap year? Jadi, Gap year adalah istilah untuk menunda kuliah minimal setahun sesudah lulus dari bangku sekolah menengah atas. Ada banyak alasan seseorang memilih gap year, seperti belum lolos tes, kendala izin, belum siap dan ingin mempersiapkan lebih banyak, kendala biaya, dan lainnya.

Ketika akhirnya kamu memutuskan untuk gap year, apapun alasanmu kamu gak perlu bersedih dan bingung mengenai apa yang harus kamu lakukan. Karena terdapat manfaat besar dibalik keputusanmu memilih gap year. Nah, sekarang simak yuk pembahasannya! (Kayla)

1. Waktu belajar lebih banyak

Disaat teman-temanmu memiliki waktu satu bulan untuk belajar tes masuk kampus, kamu punya waktu satu tahun untuk belajar dan mempersiapkan semuanya lebih matang. Terlebih jika kamu tertarik dengan jurusan yang diminati banyak orang atau kampus favorit, kamu perlu menyiapkan semuanya dengan mantap, dan satu tahun adalah waktu yang cukup.

2. Memutuskan jurusan kuliah dengan tepat untukmu

Jika kamu masih dilema dalam memilih jurusan dan kampus yang ingin kamu tuju, gap year bisa jadi solusi, nih. Saat gap year, kamu bisa melakukan riset mengenai jurusan-jurusan yang sekiranya cocok denganmu.

Mulai dari melakukan tes potensi akademik, tingkat kesulitan, analisis biaya yang harus kamu keluarkan selama kuliah di jurusan tersebut, dan prospek kerja. Dengan itu semua, akhirnya kamu pus lebih yakin dengan jurusan yang kamu pilih nantinya.

3. Bisa mengasah skill dan pengalamanmu

Ketika menunda kuliah, kamu bisa melakukan banyak hal sehingga kamu bisa menemukan minat dan potensimu. Nah, ketika kamu sudah menemukan itu, tak ada salahnya mengasah skill dan menambah pengalaman. Kegiatan yang bisa kamu lakukan misalnya dengan magang di suatu perusahaan.

Magang biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin menambah pengalaman kerja mereka di bidang tertentu. Selain itu, magang juga sangat bermanfaat untuk mengasah skill kamu dan menambah portofolio untuk menjadi bahan pertimbangan di pekerjaan impian kamu nantinya.

4. Masa untuk mendewasakan diri

Ketika menunda kuliah, kamu bisa mengambil waktu untuk mendewasakan diri. Kamu bisa pakai waktu itu untuk mencoba mandiri, memperbaiki sifatmu yang belum dewasa, dan menjadi lebih baik untuk masa yang akan datang.

Selain itu, kamu pun bisa membekali diri dengan kemampuan dan keterampilan yang tak didapatkan di bangku sekolah.

Baca juga : Fakta Menarik Bill gates: Orang Terkaya di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.