Fenomena Langit Bulan September Part I

oleh -327 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- Halo sobat Zetizen, apa kabar semuanya, semoga senantiasa diberi kesehatan ditengah pandemi ini. Seperti biasanya fenomena-fenomena langit terus menerus menghiasi langit malam disetiap bulannya. Di bulan September kali ini banyak sekali fenomena langit yang sayang sekali untuk sobat lewatkan. Mau tahu apa saja fenomena langit yang ada di bulan September ini? Cek this out. (farhan)

Baca Juga: September (Sejarah dan Asal-Usul) Bulan September

Konjungsi Bulan dan Mars – 5-6 September 2020

Source by Cenda News

Bagi sobat yang gemar menyaksikan konjungsi, ada kabar baik nih. Di awal bulan September ini, kita akan disambut dengan konjungsi Bulan dan Mars pada tanggal 5 dan 6 September. Fenomena ini bisa sobat amati mulai pukul 22.00 waktu setempat. Pada tanggal 5 September Mars akan berada sejauh 5 derajat dari bagian timur bulan, dan pada tanggal 6 mars akan berada sejauh 5 derajat dari bagian barat bulan.

Apogee Bulan – 6 September 2020

Source by Quora

Selanjutnya ada apogee Bulan yakni titik terjauh Bulan dengan Bumi. Dikutip dari @lapan_ri pad pukul 13.21.34 WIB Bulan akan berjarak 405.579 km geosentris, iluminasi 85,44% dan lebar sudut 25,2 menit busur. Bulan akan berada di konstelasi Pisces ketika apogge dan baru dapat disaksikan pada pukul 21.00 WIB di arah timur dan terbenam pada keesokan harinya pukul 09.00

Puncak Hujan Meteor Epsilon-Perseid – 9 September 2020

Souce by CNN Indonesia

Bagi sobat yang suka mengamati hujan meteor pada tanggal 9 September sobat dapat menyaksikan puncak hujan meteor Epsilon-Perseid. Sobat dapat mengamati hujan meteor ini mulai pukul 22.05 WIB hingga 05 .25 WIB. Waktu terbaik untuk mengamati hujan meteor ini yakni pada pukul 04.00 WIB saat radiant berada pada posisi tertinggi di langit.

Fase Perbani Akhir – 10 September 2020

Source by Kompas.com

Puncak pernbani akhir akan terjadi pada pukul 16.25 WIB yang berjarak 396.196 dari bumi pada konstelasi Taurus. Bulan akan terbit pada dini hari tepatnya pada pukul 23.47 WIB di ketinggian 61 derajat di atas ufuk utara sebelum menghilang pada keesokannya pukul 05.36 WIB.

Konjungsi Bulan dan Venus – 14 September 2020

Source by USS Feed

Selain ada Konjungsi Bulan dan Mars, di Bulan September ini ada konjungsi lain yang dapat sobat saksikan yakni konjungsi Bulan dan Venus. Konjungsi ini dapat sobat saksikan pada pukul 04.00 dini hari waktu setempat yang dapat diamati dari langit timur. Bulan dan Venus akan terpisah sejauh 4 derajat dengan venus berada di sisi selatan Bulan.

Baca Juga: Bukan Aib! Justru Gap Year Punya Banyak Manfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.