Fenomena Langit Bulan September Part II

oleh -553 views
Source by Kompas.com

ZETIZEN RADAR CIREBON- Halo sobat Zetizen, apa kabar semuanya, semoga senantiasa diberi kesehatan ditengah pandemi ini. Seperti biasanya fenomena-fenomena langit terus menerus menghiasi langit malam disetiap bulannya. Di bulan September kali ini banyak sekali fenomena langit yang sayang sekali untuk sobat lewatkan. Mau tahu apa saja fenomena langit yang ada di bulan September ini? Cek this out. (farhan)

Baca Juga: Fenomena Langit Bulan September Part I

Fase Bulan Baru – 17 September 2020

Source by IDN Times

Bulan akan memasuki fase konjungsi bulan baru pada pukul 18.00 WIB. Fase ini pun menandakan pergantian bulan dalam kalender Hijrian dari Muharram menjadi Safar keesokan harinya. Pada fase ini bulan akan sulit untuk dilihat karena ketinggiannya yang mencapai 1,04 derajat.

Segitiga Bulan, Merkurius dan Spica – 19 September 2020

Source by Langit Selatan

Fenomena pada tanggal 19 September 2020 tidak kalah seru dari fenomena sebelumnya. Karena pada tanggal tersebut ada formasi antara Bulan, Merkurius dan juga Bintang Spica. Spica merupakan bintang yang paling terang pada rasi bintang Virgo. Sobat dapat menyaksikan formasi ini pada pukul 19.00 waktu setempat dari arah langit barat. Sobat akan menemukan Bulan sabit yang membentuk formasi segitiga bersama Merkurius dan Spica.

Ekuinoks – 22 September 2020

Source by Wikipedia

Ekuinoks merupakan hari dimana lama siang dan malam diseluruh dunia hampir sama masing masing 12 jam. Fenomena ini terbilang cukup langka karena hanya terjadi 2 kali di setiap tahunnya. Di tahun 2020 ini peristiwa Ekuinoks terjadi pada 20 Maret dan 22 September 2020. Pada bulan Maret disebut Vernal Equinox dan September disebut Autumnal Equinox.

Fase Bulan Perbani Awal – 24 September 2020

Source by AsahSaya

Fenomena ini tidak beda jauh dengan yang terjadi pada 10 September. Kalau pada 10 September merupakan masa perbani akhir yang terbit pada dini hari, kali ini perbani awal akan terjadi pada pagi hari tepatnya pukul 08.55 WIB.

Segitiga Bulan, Jupiter dan Saturnus – 25 September 2020

Source by Republika

Konjungsi ke-3 di bulan September terjadi pada tanggal 25 September 2020. Fenomena konjungsi ini dapat sobat saksikan pada pukul 18.30 waktu setempat ketika mereka berada di langit atas kepala. Fenomena ini dapat terus disaksikan hingga tengah malam saat siap terbenam di ufuk barat.

Saat Terbaik Melihat Merkurius – 30 September 2020

Source by Bobo-Grid.id

Sebagai penutup di bulan September ini sobat dapat menyaksikan Merkurius yang berada sejauh 23 derajat dari matahari. Saat matahari terbenam pun Merkurius masih pada posisi tersebut membuat sobat dapat menyaksikannya hingga ia terbenam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.