Google : Mengenang Sosok Almarhum Benyamin Sueb

oleh -357 views

 

Ia akhirnya bekerja sebagai pedagang roti dorong. Pada tahun 1959, ia mendapatkan tawaran pekerjaan pada perusahaan bis PPD, dan ia langsung menerimanya. Tidak ada pilihan lain, katanya. Pangkatnya cuma kondektur, dengan trayek Lapangan Banteng – Pasar Rumput. Itu pun tidak lama. “Habis, gaji tetap belum terima, dapat sopir ngajarin korupsi melulu,” tuturnya. Korupsi yang dimaksud ialah, ongkos penumpang ditarik, tetapi karcis tidak diberikan. Ia sendiri mula-mula takut korupsi, tetapi sang sopir memaksa. Sialnya, tertangkap basah ketika ada razia. Benyamin tidak berani lagi muncul ke pool bis PPD. Kabur, daripada nantinya ada yang mengusutnya.

 

Baca Juga : Penghapusan File Secara Otomatis pada Google Drive

 

Sebenarnya selain menekuni dunia seni, Benyamin juga sempat menimba ilmu dan bekerja pada lahan serius seperti mengikuti Kursus Lembaga Pembinaan Perusahaan dan Pembinaan Ketatalaksanaan (1960), Latihan Dasar Kemiliteran Kodam V Jaya (1960), Kursus Administrasi Negara (1964), bekerja dalam Bagian Amunisi Peralatan AD (1959-1960), Bagian Musik Kodam V Jaya (1957-1969), dan Kepala Bagian Perusahaan Daerah Kriya Jaya (1960-1969).

Kesuksesan dalam dunia musik berawal dari bergabungnya Benyamin dengan satu grup Naga Mustika. Grup yang berdomisili di sekitar Cengkareng inilah yang mengantarkan nama Benyamin sebagai salah satu penyanyi terkenal Indonesia.

 

Benyamin Sueb (babe) bersama para pemeran film Si Doel Anak Betawi, Image Source : DetikX

 

Lewat popularitas pada dunia musik, Benyamin mendapatkan kesempatan untuk main film. Kesempatan itu tidak ia sia-siakan. Beberapa filmnya, seperti Banteng Betawi (1971), Biang Kerok (1972), Si Doel Anak Betawi serta Intan Berduri (1972), semakin mengangkat ketenarannya. Dalam Intan Berduri, Benyamin mendapatkan piala Citra sebagai Pemeran Utama Terbaik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.