HARIMAU : Medium Tank Asal Indonesia

oleh -880 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Berbeda dengan tank kelas berat (Heavy Tank). Medium Tank memiliki mobilitas yang lebih tinggi. Dikutip dari Wikipedia, dalam Perang Dunia II yang mewakili kompromi antara tank ringan yang berorientasi pada mobilitas dan tank berat berorientasi pada perisai dan persenjataan. Tank yang paling banyak diproduksi, efektif secara biaya, dan sukses dalam Perang Dunia II adalah medium tank.

Indonesia juga telah memiliki medium tank buatannya sendiri. Harimau namanya. Ingin tahu lebih dalam tentang tank asal Indonesia yang satu ini? Yuk simak artikel berikut ini! (fattah)

 

Awal Mula

 

Tank Harimau Hitam, atau disebut Tank Medium Modern, adalah program kerjasama antara pabrikan Turki FNSS dan pabrikan Indonesia PT Pindad. Nama lain untuk kendaraan tempur ini adalah Kaplan MT (Turki) dan Harimau Hitam (Indonesia).

Pemerintah Indonesia dan Turki pertama kali menyepakati kerjasama pada Mei 2015 untuk bersama-sama mengembangkan ‘Tank Medium Modern’ untuk Angkatan Darat Indonesia dengan biaya yang dilaporkan sebesar 30 juta dolar AS. Tahap pengembangan dari program ini diperkirakan akan memakan waktu hingga 37 bulan, dengan purwarupa pertama diproduksi di Turki, dan yang kedua di Indonesia. Hak milik intelektual disepakati untuk dibagi antara kedua pemerintahan.

 

Harimau didesain khusus lebih ringan daripada MBT (Main Battle Tank) yang lain agar dapat digunakan di tempat yang sempit seperti daerah hutan, Source : Boombastis

 

Pada tanggal 1 November 2016, selama pameran Indo Defence tahun 2016, model pertama dari tank ini diluncurkan, bersama dengan beberapa spesifikasi teknisnya. Yang paling menonjol, keseluruhan bobot kendaraan dilaporkan sekitar 35 ton, dan persenjataan utama akan disediakan oleh turret buatan Belgia yang dikembangkan oleh CMI Defense yang menampilkan meriam kaliber 105mm, yang mampu menembakkan berbagai proyektil.

Pada IDEF 2017 (9 Mei 2017), purwarupa pertama dari tank ini dipamerkan. Tank ini dapat dipasang dengan meriam Cockerill XC-8 105mm atau meriam modular Cockerill 3105. Selain itu, tank ini menggunakan armor modular sehingga dapat diganti dengan cepat ketika rusak.

 

Spesifikasi

 

Harimau memiliki berat total sebesar 32 ton. Memiliki tenaga mesin sebesar 711 hp sehingga dapat melaju secepat 76km/jam dan dapat menempuh jarak sejauh 450km. Tank bertransmisi otomatis penuh ini menggunakan meriam berkaliber 105 mm sebagai senjata utama dan senapan mesin berkaliber 7,62 mm sebagai senjata sekundernya.

Berikut spesifikasi lengkap dari Tank Harimau :

  • Berat Total: 32 ton
  • Kecepatan maksimum: 76 km/h
  • Tenaga mesin: 711 hp
  • Transmisi: Otomatis penuh
  • Jarak jelajah: 450 km
  • Rasio tenaga terhadap berat: 22,2 hp/ton
  • Kaliber meriam: 105mm, laras panjang
  • Senapan kedua: Senapan mesin 7.62mm
  • Gradien: 60%
  • Kemiringan sisi: 30%
  • Tanjakan hambatan: 0,9 m
  • Penyeberangan: 2 m

 

Baca Juga : Inilah 3 Jenis Heavy Tank Terbaik di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.