DAW Berikut Dapat Kamu Gunakan untuk Cover Lagu

oleh -623 views
Gambar: rf-seoul.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – DAW atau Digital Audio Workstation adalah software yang dapat kamu gunakan untuk melakukan sebuah produksi audio seperti meng-cover lagu. Mulai dari proses recording, mixing, hingga mastering bisa kamu lakukan. Saat ini sudah banyak DAW yang tersedia, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Kali ini Zetizen Cirebon akan memberitahukan macam-macam DAW yang dapat kamu gunakan untuk membuat cover lagu. Biar kamu bisa membuat konten audio yang kualitasnya nggak kalah dengan produksi yang profesional. Apa saja yang dapat kamu gunakan? Check this out! (arfan)

 

1. Audacity

Audacity User Interface
User Interface dari Audacity yang simple dan mudah dipahami. Gambar: CNET Download

Audacity merupakan softaware yang dapat kamu gunakan dalam pembuatan konten audio. DAW ini sangat cocok untuk pemula karena desain user interface-nya yang sangat simple dan ikonnya yang mudah untuk kamu kenali. Audacity sendiri merupakan open source software sehingga kamu bisa mendapatkannya dengan cuma-cuma.

Kamu dapat mengunduh software Audacity secara gratis di laman resminya. Klik di sini untuk mengunduh.

 

2. Adobe Audition

Adobe Audition CC 2018
User Interface Adobe Audition CC 2018 tampak lebih rumit dibandingkan Audacity. Gambar: Dokumen Pribadi

 

Adobe System merilis sebuah DAW bernama Adobe Audition. Salah satu keunggulan dari Audition adalah bisa saling terhubung dengan software Adobe lainnya, seperti Premiere Pro dan After Effect. Selain itu kamu juga bisa menambahkan efek-efek dalam audio yang kamu produksi lho.

Tampilan Adobe Audition memang tampak lebih rumit dibandingkan Audacity karena memang software ini digunakan untuk produksi semi-professional. Jadi kamu bisa buat cover lagu dengan kualitas yang lebih baik, deh.

Sayangnya Adobe Audition ini nggak tersedia secara gratis, guys. Kamu harus menyewanya dengan membayar tiap bulannya sebesar S$27.62 atau sekitar 300 ribu rupiah. Kamu dapat membeli dan mengunduhnya di sini.

 

3. Cubase 10.5

Cubase 10 User Interface
Cubase 10.5 biasa studio gunakan dalam produksi audio profesional karena lebih banyak fitur yang menunjang proses mixing dan mastering. Gambar: Current Sound

DAW terakhir yang dapat kamu gunakan adalah Cubase 10.5. Software buatan Steinberg ini terbilang DAW terbaik untuk sebuah produksi konten audio karena terdapat banyak fitur menarik. Salah satu fiturnya adalah mengubah pitch controller, yang dapat kamu gunakan untuk mengubah pitch secara manual.

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan efek-efek untuk audio cover-mu. Efek tersebut seperti reverb, gate, compressor, saturation, limit, dan equalizer. Jadi kamu bisa buat cover dengan kualitas yang tak kalah dengan produksi audio profesional, deh!

Sama seperti Adobe Audition, Steinberg Cubase 10.5 ini nggak tersedia secara gratis ya, guys. Kamu harus membelinya seharga €581,99 atau sebesar Rp 10.129.184,- ya, sob. Jika harga tersebut kamu rasa terlalu besar, kamu dapat memilih paket Education seharga €361,99 atau sebesar Rp. 6.302.161,- sob.

Namun, jika kamu hanya ingin sekadar mencoba, kamu dapat mengunduh Trial Version-nya. Untuk membeli atau mengunduh Trial Version kamu bisa klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.