Ini Dia Transportasi Jadul yang Pernah Ada di Indonesia Part II

oleh -758 views

ZETIZEN RADAR CIREBON-  Transportasi merupakan aspek yang bisa dibilang sangat penting untuk membantu keberlangsungan hidup manusia. Dengan adanya transportasi, manusia dapat lebih mudah dan juga cepat untuk sampai ke suatu tempat. Seperti contohnya pergi ke kantor, pertemuan, belanja ataupun yang lain.

Seiring berkembangnya zaman, transportasi mulai beralih menjadi lebih baik agar dapat membantu manusia lebih mudah. Mungkin generasi sekarang mengenal moda transportasi umum hanya sebatas Transjakarta, KRL, ojek online atau semacamnya.

Tapi pernah ngga sih sob, kamu penasaran tentang transportasi apa saja yang orang dahulu gunakan? Berikut Zetizen Radar Cirebon telah rangkum informasi mengenai transportasi jadul yang pernah Indonesia miliki, cek this out. (farhan) 

Baca juga: Ini Dia Transportasi Jadul yang Pernah Ada di Indonesia Part I

Robur

Source by Kompas.com

Setelah melewati masa kejayaan pada tahun 1950an Trem tergantikan oleh Robur yang merupakan nama bus yang hadir pada tahun 1965. Munculnya transportasi jadul satu ini merupakan perintah dari Presiden Soekarno langsung untuk menggantikan trem karena kondisi Jakarta yang semakin padat dan juga ramai membuat keberadaan trem tidak sesuai lagi. Bus Robur merupakan produk dari Volkseigener Betrieb/VEB Robur-Werke Zittau yang berasal dari Jerman Timur.

Bus Kota

Source by Awansan.com

Tidak hanya inggris saja yang dapat menghiasi jalanan kotanya dengan bus tingkat atau double decker. Pasalnya jalanan Ibu Kota pun sempat dihiasi oleh pemandangan bus double decker yang dijadikan sebagai bus kota pada 1968 hingga 90an, Bus tingkat hadir di Indonesia pertama kali tahun 1968 yang dibuat Leyland, pabrikan bus dan truk dari Inggris. Jenis bus tingkat pertama di Indonesia adalah Leyland Titan dengan kode PD3-11.

Helicak

Source by Google

Seperti bentuknya yang menyerupai helikopter, helicak merupakan kepedekan dari helikopter dan becak. Helicak mulai diperkenalkan dijalanan Ibu Kota pada 24 Maret 1971. Mengambil bodi dari skuter Vespa yang di datangkan langung dari Italia ini pertama kali dicetuskan pada masa pemeritahan  Gubernur Ali Sadikin sebagai pengganti becak yang dianggap tidak manusiawi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.