Inilah 3 Jenis Heavy Tank Terbaik di Dunia

oleh -889 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tank merupakan sebuah kendaraan tempur lapis baja yang bergerak dengan menggunakan roda yang berbentuk rantai. Memiliki lapisan baja yang kuat dan berat sebagai pelindungnya, dan meriam besar di bagian tengah depan sebagai senjata utamanya. Walaupun kelihatan berat, namun kendaraan ini mampu menerjang berbagai medan karena memiliki mobilitas yang cukup tinggi untuk bergerak dengan lancar.

Meskipun tank merupakan jenis kendaraan tempur darat yang mahal karena membutuhkan banyak persedian logistik, namun kendaraan ini sangat kuat dan tangguh jika digunakan untuk pertempuran darat. Meskipun kuat dan tangguh, kendaraan ini tidak bisa dijalankan hanya dengan satu orang saja. Butuh setidaknya 4 orang agar dapat mengoperasikan sebuah tank, yaitu komandan, penembak, pengisi meriam, dan pengemudi.

Saat ini banyak negara di dunia yang sudah memiliki bahkan dapat membuat kendaraan tank nya sendiri. Adapula beberapa tank yang sangat kuat yang pernah dibuat dan masih digunakan hingga saat ini. Berikut adalah 3 jenis tank kelas berat (heavy tank) terbaik dunia hingga saat ini. Chech this out! (fattah)

 

1. M1 Abrams

 

M1 Abrams merupakan salah satu kendaraan lapis baja favorit milik Amerika hingga saat ini, Source : Oruzhie.info

 

M1 Abrams adalah generasi ketiga dari tank perang utama yang diproduksi oleh Amerika Serikat. Namanya diambil dari Jenderal Creighton Abrams, Kepala Staf dan Komandan Angkatan Perang Amerika Serikat di Vietnam pada 1968 hingga 1972. M1 memiliki persenjataan hebat, berlapis baja tebal, dan tank dengan mobilitas tinggi yang didesain untuk kendaraan tempur lapis baja. Keistimewaan yang dimiliki tank ini adalah mesin turbin gas (dengan bahan bakar JP8 jet fuel), mengadopsi lapisan baja komposit canggih, dan penyimpanan amunisi terpisah dalam kompartemen terpisah untuk keselamatan kru. Dengan berat mendekati 62 ton, M1 menjadi salah satu tank terberat yang masih digunakan TANK M1 Abrams ini pernah bermain dalam seri game Call of duty4:modern warfare masuk dalam misi war pig,yang dikisahkan untuk mengevakuasi tank tersebut.

Amerika Serikat telah mengembangkan jenis kendaraan tempur ini menjadi beberapa varian seperti M1A1, dan M1A2. Salah satu varian terkuatnya saat ini adalah M1A2 SEP yang memiliki lapisan uranium sebagai pelindungnya dan meriam L44 120 mm sebagai senjata utamanya.

 

2. T-14 Armata

 

kabarnya Rusia akan memproduksi Tank Armata hingga akhir 2025 nanti untuk kebutuhan alutsista mereka, Source : Pinterest

 

T-14 Armata adalah tank tempur utama Rusia generasi berikutnya yang didasarkan pada Armata Universal Combat Platform — seri pertama- memproduksi tangki generasi berikutnya. Angkatan Darat Rusia awalnya berencana untuk mengakuisisi 2.300 T-14 antara 2015 dan 2020. Produksi dan kekurangan fiskal menunda ini hingga 2025, dan kemudian ke pembatalan produksi utama. Batch uji yang terdiri dari 100 orang akan dikirim dan dikerahkan ke Divisi Senapan Motor Pengawal ke- 2 Tamanskaya, dengan pengiriman diharapkan pada tahun 2020 atau nanti; tank akan ditransfer hanya setelah menyelesaikan semua tes negara.

Kendaraan tempur ini dipersenjatai dengan meriam smoothbore 2A82-1M 125 mm sebagai senjata utamanya, dan untuk senjata sekunder nya dipersenjatai dengan senapan mesin 12,7 × 108mm Kord ( GRAU index 6P49) dengan 300 butir peluru dan senapan mesin Pecheneg PKP ( GRAU Index: 6P41 ) 7,62 × 54 mmR atau PKTM (6P7К) dengan 1.000 putaran.

 

Baca Juga : KOMODO : Rantis Militer Perkasa Karya Anak Bangsa

 

3. Leopard 2

 

 

Leopard 2 merupakan salah satu tank tempur berat yang telah dimiliki dan menjadi kebanggaan Indonesia, Source : Militer.or.id

 

Leopard 2 adalah tank tempur utama yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei pada tahun 1970-an untuk Tentara Jerman. Tank pertama masuk dinas ketentaraannya pada tahun 1979 dan menggantikan pendahulunya Leopard 1 sebagai kendaraan lapis baja utama pasukan Jerman Barat. Beberapa versi telah ikut dinas dalam Pasukan Jerman dan 12 negara eropa lainnya, serta beberapa negara luar eropa lainnya. Leopard 2 telah digunakan dalam konflik Kosovo oleh Pasukan Jerman, Konflik Afghanistan oleh Pasukan Denmark dan Kanada, dan Perang Sipil di Suriah oleh Pasukan Turki.

Varian yang terkenal dalam leopard 2 adalah Leopard 2A4, yang memiliki kubah meriam yang berbentuk kotak dan vertikal. Lalu juga ada varian pengembangan dari seri 2A4, yaitu Leopard 2A5 yang memiliki kubah meriam yang dilengkapi dengan perisai baja yang berbentuk lancip. Setiap varian memiliki sistem pengaturan tembak digital yang dilengkapi pemandu laser, meriam yang kuat dilengkapi senapan mesin koaksial, dan alat bantu pengelihatan malam dan alat bantu pengelihatan lainnya (varian awal menggunakan sistem Low light level television, lalu kemudian pada varian berikutnya menggunakan sistem kamera thermal). Tank ini memiliki kemampuan menembak pada sasaran yang bergerak walaupun tank ini bergerak di medan yang tangguh.

Untuk persenjataannya, Leopard 2 ini telah dipasangi dengan meriam Kanon Rheinmetall 120mm smoothbore gun sebagai senjata utamanya, dan senapan mesin berjenis koaksial sebagai senjata sekundernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.